Malam Cap Go Meh di Vihara Budha Dharma Bagan Batu Berlangsung Meriah


Dibaca: 1851 kali 
Senin, 09 Maret 2015 - 05:19:31 WIB
Malam Cap Go Meh di Vihara Budha Dharma Bagan Batu Berlangsung Meriah

Gagasanriau.com Bagan Sinembah--Perayaan malam Cap Go Meh Imlek 2566 di Tahun 2015 di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), berlangsung meriah dan dihadiri oleh hampir seluruh Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Bagan Sinembah.

Perayaan yang dilakukan di pelataran Vihara Budha Dharma Bagan Batu, Bagan Sinembah, dimeriahkan oleh sejumlah artis lokal dan lucky draw yang berhadiah perlengkapan rumah tangga dan uang sejumlah ratusan ribu rupiah dan handphone itu, dihadiri oleh Bupati Rohil, H Suyatno Amp yang diwakili oleh Asisten I Pemkab Rohil, Wan Rusli Syarif, Ketua DPRD Rohil, H Nasruddin Hasan.

Selain mereka, juga turut hadir Camat Bagan Sinembah, HM Nasri, Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Dody Harza Kusuma SH Sik, diwakili oleh Wakapolsek Bagan Sinembah, AKP Kamaluddin Tambak, Danramil Bagan Sinembah, Kapten Inf Syahnan yang diwakili oleh Peltu Tomas Linggar, Anggota DPRD Rohil asal Bagan Sinembah, dan seluruh tokoh masyarakat, agama, dan pemuda setempat.

Anggota DPRD Riau yang juga merupakan Pengurus Vihara serta pelaksana acara tersebut, Siswaja Muljadi alias Aseng UB dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mensukuri berkumpulnya suku Tionghoa dalam merayakan malam Cap Go Meh itu serta mengajaknya untuk membangun Rohil.

"Sengaja kita mengajak masyarakat Tionghoa untuk bekerja sama dalam membangun kabupaten Rohil melalui acara seperti ini. Karena dengan adanya perayaan malam Cap Go Meh ini, diharapkan dapat menjadi budaya yang dapat menyokong pembangunan Rohil," katanya.

Dirinya juga berharap, masyarakat Tionghoa tidak hanya terfokus pada sektor usaha saja. "Tapi juga, harus berperan memajukan pembangunan kabupaten yang kita cintai ini," ujarnya.

"Memang perayaan ini sudah merupakan tradisi para terdahulu kami atau leluhur masyarakt Tionghoa. Dan sekarang di lakukan dinegeri tercinta. Kami sebagai perwakilan masyarakat Tionghoa, yang melakukan pawai lampion yang ada di kabupaten ini yang juga sudah menjadi budaya di Rohil ini, akan kita bawah ke ibukota Provinsi Riau, yakni Pekanbaru," terangnya

Sementara itu Bupati Rohil, H Suyatno dalam sambutannya yang diwakili oleh Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan menyebutkan, teruskan menumbuh kembangkan hubungan silaturahmi walaupun berbeda agama. Karena, apapun agama dan sukunya, tetap juga hidup didunia yang sama

"Jangan salah mengartikan pelepasan lampu lampion ketika semua agama ikut melakukan hal itu. Sebab, itu suatu budaya dan bukan termasuk dalam ajaran agama. Jadi dengan malam perayaan Cap Go Meh ini, marilah kita terus meningkatkan persaudaraan antar beragama dan antar suku. Karena kita hidup di daerah dan bangsa yang sama yang berasaskan Bhinneka Tunggal Ika," pintanya.

Reporter Hermansyah


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker