Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, Pemkab Rohil Lakukan Pembobotan Tenaga Medis


Dibaca: 1003 kali 
Ahad, 19 April 2015 - 07:49:37 WIB
Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, Pemkab Rohil Lakukan Pembobotan Tenaga Medis

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) melakukan pembobotan tenaga medis untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini dilaksanakan oleh Pemkab Rohil melalui instansi terkait yakni Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Dinas Kesehatan setempat. Program itu merupakan salah satu agenda yang akan dilakukan oleh pemerintah terutama bagi Puskesmas yang berada berdekatan dengan negara tetangga. "Penempatan petugas diutamakan bagi fasilitas yang minim karena tidak semua Puskesmas memiliki pelayanan yang sama"kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, dr H.M Junaidi Saleh baru-baru ini. Dikatakan Junaidi, minimnya alat kesehatan harus diantisipasi agar dapat menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi baru lahir, balita dan anak. Begitu juga dengan penyakit gizi buruk, ibu hamil kurang energi kronik dan gizi kurang.

Selama ini, permasalahan yang terjadi di Puskesmas adalah kurangnya biaya operasional. Namun dengan adanya dana BOK, maka permasalahan Puskesmas secara mendasar tidak terjadi lagi. Untuk menjadi Puskesmas dengan mutu yang baik tidak harus mengeluarkan biaya mahal seperti mendapatkan sertifikasi ISO. Namun bisa saja dengan cara lain dengan meningkatkan performance dari Puskesmas itu sendiri. "Bisa saja Puskesmas mengedepankan sumber daya dan melakukan pelayanan inovasi seperti pelayanan 24 jam, konsultasi, puskesmas sayang lansia, ataupun layanan VCT,"ungkapnya.

Dia juga menepis dugaan masyarakat yang hanya menganggap Puskesmas hanya sebagai tempat pasien luka ringan, pusing, demam atau masuk angin. Dan juga kesan yang mengatakan Puskesmas hanya untuk pasien yang kurang mampu yang tidak mempermasalahkan mutu pelayanan. Untuk itu, sudah saatnya Puskesmas unggul dalam pelayanan kesehatan dan mengembalikan trust kepada pelanggan.

Ditambahkan Junaidi, kemarin Bupati Rokan Hilir juga sudah melakukan MoU dengan Menteri Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas di daerah perbatasan. Kalau untuk Kabupaten Rokan Hilir, Puskesmas yang berada di perbatasan adalah di Penipahan dan Sinaboi. Ada 85 Kabupaten dan Kota yang menjadi prioritas menteri untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas. Dimana seluruh bidan, dokter, perawat dan dokter gigi akan ditanggung gajinya oleh pemerintah pusat melalui dana BOK Puskesmas. "Harapan pemerintah agar derajat kesehatan masyarakat bisa bertambah baik. Dana BOK itu juga langsung masuk ke rekening Puskesmas dan diaudit oleh BPK"tukas Junaidi.

Reporter Hermansyah


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker