Senin, Pemcam Buntut Gelar Tradisi Potang Mogang di Langgam


Dibaca: 1969 kali 
Sabtu, 13 Juni 2015 - 05:30:07 WIB
Senin, Pemcam Buntut Gelar Tradisi Potang Mogang di Langgam

Gagasanriau.com Pelelawan - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H, Masyarakat adat Kecamatan Langgam Kabupaten Pelelawan akan menggelar tradisi mandi Balimau dimana masyarakat setempat mengenalnya dengan tradisi Potang Mogang. Siang ini Sabtu (13/6/2015) Potang Mogang akan di laksanakan di Balai Ranah Tanjung Bunga Kelurahan Langgam.

Tradisi Potang Mogang merupakan kebudayaan asli masyarakat Langgam yang tetap lestari sampai saat ini. Dan agenda sore ini (14/6) akan di gelar ritual mandi Balimau di Langgam.

Hal ini diungkapkan oleh Camat Langgam Sugeng Wiharyadi S.Sos kepada Gagasanriau.com mengatakan bahwa sebelum hari H pelaksanaan mandi balimau, selama empat hari sebelumnya sudah dilakukan rangkaian acara potang mogang mneyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

“Insya Allah Senin sore, akan dilaksanakan tradisi mandi balimau potang mogang,”jelas Sugeng, Sabtu (12/6).

Masih menurut Sugeng, rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, pentas seni yang dilaksanakan pada Jum at dan Sabtu malam, sedangkan pada hari minggu diadakan ziarah kubur, dimana pada rangkaian ini masyarakat Langam bersama sama mendatangi makam untuk berziarah, sambil membersihkan makam dan memanjatkan doa bersama.

“Pagi nya minggu kita melaksanakan ziarah kubur bersama,” lanjutnya

Usai pelaksanaan ziarah kubur kegiatan dilanjutkan dengan seminar adat yang berteat di balai adat Langgam dan diikuti oleh seluruh ninik mamak, pemangku adat se Kecamatan Langgam, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ninik mamak dan pemangku adat mengenai hal hal yang bersifat adat istiadat.

“Tema seminarnya adalah Adab dalam Adat Istiadat, dengan pemateri dari LAM dan Lembaga Adat Minang Kabau,” beber mantan Camat Bunut ini.

Rangkaian acara selanjutnya yang dijadwal panitia balimau Potang Mogang Kecamatan Langgam dengan menggealr tablik akbar pada Minggu malam.

“Baru pada Senin, puncak kegiatan Potang Mogang akan dilaksanakan di Balai Ranah Tanjung Bunga Langgam,” katanya

Dalam susunan agenda kegiatan Mandi Balimau Potang Mogang, seperti tahun tahun sbeelumnya,akan dilaksanakan upacara adat togak tonggol yang dipimpin oleh Datuk Rajo Bilang Bungsu, tonggol ini sejenis bendera panji adat sebagai simbol kebesaran suku-suku di kalangan masyarakat adat Langgam.

“Dalam acara itu akan ada arak-arakan panji adat, tegak tonggol yang kemudian baru lah mandi balimau dilaksanakan dengan penyiraman air suci oleh pak bupati kepada tiga perwakilan tokoh masyarakat yang dipilih,” sambungnya

Untuk menyemarkkan tradisi potang mogang itu, panitia juga mengadakan lomba sampan hias, selain untuk memperebutkan hadiah juga untuk memberikan hiburan keada pengunjung.

“Semua rangkaian itu adalah tradisi masyarakat Langgam yang akan tetap dilaksanakan setiap tahunnya, untuk menyukseskan kegiatan ini, kita sudah membentuk panitia dari jauh jauh hari, agar pada pelaksanaan pada hari H nya akan berjalan lancar,”harapnya.

Reporter Apon Hadiwijaya


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker