Ada Apa Denganmu Pasar Cik Puan ?


Dibaca: 1913 kali 
Selasa, 07 Juli 2015 - 08:07:02 WIB
Ada Apa Denganmu Pasar Cik Puan ?

Gagasanriau Pekanbaru - Perdebatan Pasar Cik Puan tentang pengaturan hak pengelolaan agar tidak memberatkan pedagang antara DPRD Provinsi Riau, juga dari Pemerintahan Provinsi Riau dengan Walikota Firdaus MT belum usai, pasar yang terletak di Jalan Nangka/Tuanku Tambusai tersebut hangus terbakar Senin sore (6/7/2015) untuk kesembilan kalinnya sejak dari tahun 2007, 2011, 2012, 2013, dan 2015 tahun ini.

Selama ini pedagang yang berjualan di Pasar Cik Puan berdagang di kios-kios terbuat dari papan, meskipun sudah dibangun rangka bangunan peruntukan pedagang, namun tak kunjung dilanjutkan pembangunannya, pasca Herman Abdullah turun tahta tahun 2011 dan sudah Rp.20 milyar lebih uang tersedot dibangunan tersebut.

Firdaus MT sendiri, pasca menjabat sebagai Walikota pada tahun 2012, sedikitpun tidak pernah serius untuk menyelesaikan pembangunan pasar Cik Puan tersebut. Firdaus MT ngotot akan memberikan hak pengelolaan pasar Cik Puan ke pihak swasta, karena dirinya beralasan agar tidak membenani APBD Pekanbaru.

Tetapi wacana Firdaus ini ditentang oleh anggota DPRD Riau untuk Dapil Pekanbaru karena jika diberikan hak pengelolaan kepada pihak swasta, dipastikan akan memberatkan para pedagang kecil yang ingin menyewa kios nantinya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, saat pihak ketiga (Swasta.Red) yang mengelola pasar tersebut, maka rangka bangunan yang sudah menghabiskan anggaran Rp.20 M tersebut akan dibongkar, karena bangunannya akan dibangun hotel mewah dan pasar modern.

Sementara itu pedagang Pasar Cik Puan yang dilansir oleh tribun, berharap pemerintah memperjelas status Pasar Cik Puan, yang tak kunjung selesai dibangun sejak kebakaran 2007, karena tarik-ulur antara Pemerintah Kota Pekanbaru dengan Pemerintah Provinsi Riau, sebagai pemilik lahan.

Gara-gara tak kunjung mencapai kata sepakat, pembangunan pasar itu mangkrak masih berupa tiang-tiang kerangka. Sementara ratusan pedagang berdesak-desakan di pasar penampungan yang tak layak dan langganan kebakaran.

"Dari dulu kami terkatung-terkatung, pembangunan pasar tak ada kejelasannya. Sekarang malah kena musibah lagi,"ujar Dedi pedagang Pasar Cik Puan kepada wartawan saat kiosnya terbakar.

Reporter Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker