Tembus Rekor Muri, 3000 Penonton Padati Festival Menongkah Suku Duano


Dibaca: 3170 kali 
Senin, 08 Agustus 2016 - 07:22:47 WIB
Tembus Rekor Muri, 3000 Penonton Padati Festival Menongkah Suku Duano

GagasanRiau.com, Tembilahan - Festival Lomba Menongkah dan Mandi Lumpur di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau tepatnya di Pantai Bidari, berhasil menembus penonton 3000 ribu lebih dan mendapatkan penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Kegiatan Ivent ini dilestarikan oleh suku Duano (suku laut) sudah mendunia, dimana kegiatan ini diselenggarakan 7 tahun yang diselenggarakan ditiap tahunnya.

"Festival lomba menongkah dan mandi lumpur ini sangat bagus di laksanakan menjadi Iven wisata tahunan. Pantai Bidari ini juga sangat mirif dengan Pantai Solop, dimana pasirnya berupa warna putih serpihan posil-posil binatang laut (pasir sersah)," kata Bupati Indragiri Hilir HM Wardan yang menyempatkan diri menghadiri Ivent itu, Minggu (7/8/2016).

Kegiatan tersebut, Bupati sangat mendukung penuh, sebab, wisata tersebut merupakan kekayaan alam yang dimiliki oleh Masyarakat Indragiri Hilir yang sudah mendapatkan rekor dunia

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapudbar) Inhil, Juanidi Ismail sebut bahwa pantai Bidari ini merupakan kekayaan alam yang harus dilestarikan.

"Kita akan terus melestarikan dan mempromosikan kepada dunia akan tradisi suku Duano yang sangat unik ini. Dimana pantai ini memiliki panjang Pantai 20 KM sedangkan pasir putih kerang hanya 2 KM dan kita akan upayakan dengan bekerjasama kepada pihak Pemkan Inhil, Provinsi dan Kementrian Pariwisata untuk tahun selanjutnya," kata Juanidi.

Untuk diketahui, Festival itu selain dihadiri Bupati Inhil HM Wardan, turut hadir juga Kadispora Inhil Junaidi Ismail, Tim Rekor Muri Indonesia 2 orang, Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikha Wardan dan Forkopimda Inhil serta penonton yang ikut menyaksikan Festival dan lomba tersebut.

Reporter: Daud M Nur


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker