Karhutla di Riau, Dalam Seminggu Hanguskan Hutan dan Lahan Seluas 600 Ha


Dibaca: 1993 kali 
Jumat, 19 Agustus 2016 - 15:20:53 WIB
Karhutla di Riau, Dalam Seminggu Hanguskan Hutan dan Lahan Seluas 600 Ha

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau semakin mengganas dan mengerikan bagi kenyamanan warga Bumi Lancang Kuning. Selain mengancam terjadinya kabut asap juga hingga kini cuaca ekstrim dengan suhu panas terus terjadi.

Diungkapkan oleh Komandan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau, Brigjen TNI Nurendi mengatakan kebakaran yang melanda sejumlah kabupaten dan kota di wilayah tersebut dalam satu pekan terakhir diperkirakan mencapai 600 hektare.

"Tim masih menghitung total luas lahan yang terbakar. Perkiraan sementara mencapai 500-600 hektare," kata Brigjen TNI Nurendi kepada Antara di Posko Satga Karhutla Riau, Pekanbaru, Jumat (19/8/2016).

Meski begitu, dia mengatakan secara keseluruhan mayoritas lahan yang terbakar tersebut dapat ditanggulangi meski sempat memasuki masa kritis saat 200 an titik panas terpantau pada awal pekan ini.

Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai merupakan dua wilayah yang dilanda kebakaran lahan cukup luas. Nurendi mengatakan, kedua wilayah tersebut sempat dilanda kabut asap cukup tebal sebelum peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus lalu.

"Kabut asap di sana cukup tebal. Ada satu hari asap menyelimuti Kota Bagan Siapi-Api," ujarnya.

Nurendi yang sempat berada di Dumai dan Rokan Hilir selama tiga hari tersebut mengatakan kerjasama tim gabungan baik darat maupun udara dalam memadamkan kebakaran di kedua wilayah tersebut berhasil menanggulangi ratusan titik panas sehingga kabut asap tidak meluas.

Sementara itu, dia mengatakan mayoritas lahan yang terbakar merupakan lahan "Open Access" atau lahan tidak bertuan. Seperti di wilayah Kubu, Rokan Hilir, lanjutnya, kebakaran yang berada di daerah tersebut cukup luas.

Upaya penanggulangan Karhutla di Rokan Hilir dilakukan oleh seluruh pihak. Polda Riau sebelumnya turut mengerahkan dua pleton pasukan Brigade Mobil dari Detasemen B guna membantu menanggulangi Karhutla di Rokan Hilir.

Kabid Humas Polda Riau, Guntur Aryo Tejo mengatakan, selain fokus pemadaman, Polda Riau yang menjadi bagian Satgas Gakkum Karhutla Riau juga turut membawa penyidik dari Direktorat Kriminal Khusus.

"Penyidik juga bersama kita untuk menyelidiki pemilik lahan dan pelaku pembakaran," ujar Guntur.

Kondisi yang cukup kering serta sumber air yang terbatas menjadi hambatan tim darat dalam melakukan pemadaman api di Rokan Hilir.

Rokan Hilir merupakan wilayah dengan kebakaran lahan terluas di Riau. Ratusan hektar lahan di wilayah itu dilaporkan terbakar dalam dua pekan terakhir. Sementara itu, dalam dua hari terakhir puluhan titik api terpantau di wilayah tersebut. Titik api di Rokan Hilir menyebar di Kecamatan Bangko, Pujud, Tanah Putih, Simpang Kanan, dan Rimba Melintang.(ANT)

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker