Tingkatkan PAD, Pemkab Rohil Serius Kembangkan Sektor Wisata


Dibaca: 6176 kali 
Jumat, 26 Agustus 2016 - 16:26:37 WIB
Tingkatkan PAD, Pemkab Rohil Serius Kembangkan Sektor Wisata

Gagasanriau.Com Bagansiapiapi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil terus mengembangkan dan memperluas sektor pariwisata daerah yang potensial. Setelah  pulau Jemur, satu lagi sasaran tempat wisata daerah yang bakal digarap secara optimal wisata baypark, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rohil terus mengembangkan dan memperluas sektor pariwisata daerah yang potensial.

Setelah pulau Jemur, satu lagi sasaran tempat wisata daerah yang bakal digarap secara optimal adalah Parit Bay Park. Nama orang Belanda yang dilekatkan menjadi merek dan modal guna pengembangan sektor andalan baru pariwisata di Negeri Seribu Kubah ini. Keinginan untuk mengembangkan parit bay park di tunjukan Bupati H Suyatno saat meninjau taman wisata Bay Park.

Bupati tampak serius ingin membenahi Kawasan parit bay park dijalan Bahagia Ujung Bagansiapiapi itu untuk dijadikannya tempat wisata permainan air, Suyatno yang didampingi pejabat teras pemkab Rohil dan anggota DPRD Rohil, H Tatang Hartono, menegaskan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat membenahi kawasan wisata ini "Berhubung kawasan ini sudah dikunjungi masyarakat. Sudah saatnya taman wisata bay park ini dibenahi sebagus mungkin. Sehingga kawasan ini bisa menjadi daya tarik mengisi waktu libur dan santai," ujarnya.

Tempat wisata yang berasal dari sungai ala mini, lanjut dia, membutuhkan fasilitas penunjang agar orang bisa lebih tertarik dating kesini. "Saya sangat setuju parit bay park dijadikan taman wisata bay park. Umtuk semua itu, semua harus dikelola dan ditata semenarik mungkin. Agar masyarakat Rohil bisa mengisi waktu santai disepanjang kawasan wisata ini," kata suyatno.

Dikatakan suyatno Meski masih banyak fasilitas yang harus ditambah, namun kawasan Parit baypark cukup mempesona dan layak untuk dikembangkan. Masyarakat terlihat begitu antusias menyaksikan perlombaan ini sehingga rela berpanas-panasan Masyarakat juga berharap agar kawasan wisata Parit Gepak atau Bay Park bisa maju dan menjadi salah satu andalan lokasi objek wisata di Bagansiapiapi karena lokasi tersebut sangat strategis dekat dengan perkotaan pungkas bupati.

Dukungan Pembangunan Wisata Baypark Dari Anggota DPRD Rohil

Anggota DPRD Rohil dari Fraksi Golkar Tatang Hartono menyebutkan bahwa program dan gebrakan bupati H. Suyatno di sector parwisata itu patut didukung. Gagasan dari pemerintah daerah untuk menciptakan andalan baru wisata dinilai tepat karenanya harus didukung  apalagi, dilokasi ini terlihat antusias pengunjung meningkatkan dan kian bertambah ramai yang berkunjung, "Saya pribadi sangat mendukung dengan terciptanya tempat hiburan di parit bay park ini," Kata Tatang Hartono

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Rohil Hj Rusmanita. Dikatakannya DPRD mendukung penuh rencana Pemkab Rohil untuk mengembangkan Wisata Pulau Tilan dengan menghiasi pulau itu dengan ribuan tanaman pelindung dan membangun jembatan Gantung. Agar Wacana ini bisa terealisasi, semua pihak diajak secara bersama-sama untuk membantu pemkab Rohil.

"Kita sepenuhnya sangat mendukung rencana Pemkab Rohil untuk mengembangkan wisata pulau tilan dengan membangun berbagai sarana dan prasarana. Dengan demikian setidaknya Pemkab Rohil telah peduli dan memperhatikan objek wisata yang ada di negeri seribu kubah ini," ujar Anggota DPRD Rohil, Hj Rusmanita.

Pulau Jemur

Pemerintah Rokan Hilir terus melakukan pengembangan dari sektor pariwisata seperti objek wisata yang paling menarik di kawasan Rokan Hilir yaitu Gugusan Pulau Jemur dengan pantai pasirnya dan danau Napangga. Pulau jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir Bagan Siapi-Api, dan 45 mil dari Negara tetangga Malaysia, dan propinsi Sumatera Utara merupakan Propinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, pulau Tekong Emas,Pulau Tekong Simbang, Pulau Bilik serta Pulau-Pulau kecil lainnya.


Menurut salah seorang masyarakat Km 13 Balam, Pendeta Tampubolon, pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah. Selain itu pulau jemur itu amat kaya dengan hasil lautnya. Disamping itu, pulau jemur dihuni oleh Spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu  itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langkah ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

Selain itu, pulau jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lainnya, diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu panglima Layar. Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas. “Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok dikembangkan menjadi kawasan Resort. Dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur itu, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan lain-lainnya,”Terang Bupai Rohil Suyatno. “Kita harapkan dukungan semua pihak sehingga Pemerintah Rokan Hilir untuk terus mengembangkan objek wisata di kawasan Pulau Jemur itu. Karena potensi wisata pulau jemur bisa dikembangkan menjadi lebih baik dalam upaya peningkatan kepariwisataan di Kab. Rokan Hilir.

Untuk Pulau Jemur, sebelumnya Bupati Rohil H Suyatno mengatakan bahwa terhadap kawasan potensi wisata andalam daerah ini, Pemkab Rohil rencana akan membeli kapal Ferry untuk mengangkut bolak-balik penumpang dengan kapasitas 100 orang. Sedangkan sentral tampat persinggahan turun naik penumpang tujuan Bagansiapiapi via Pulau Jemur juga akan disiapkan "Daerah kita masih banyak potensi belum terkelola dengan baik, kita minta kepada semua pihak member dukungan dan masukan agar potensi wisata daerah ini terlaksana dengan baik," ujarnya H Suyatno juga mengatakan, tidak semua orang pernah ke pulau jemur, maka dari itu upaya pembkab melalui dinas terkait akan merencanakan bagaimana program sektor andalan wisata data tergarap dengan sebaik mungkin.

“Agar daerah ini cepat maju tujuan andalan wisata daerah berjalan "kata bupati, Pulau jemur Yang Terletak Dikecamatan pasir limau kapas itu merupakan objek andalam kabupaten rokan hilir, setiap pengunjung yang datang dipulau tersebut disuguhkan dengan pemandangan pesona alam yang luar biasa, seperti air yang jernih bewarna hijau serta pulau jemur yang diisi dengan bebatuan dan pantai pasir yang menguning membuat pengunjung ikut terpesona setelah tiba dipulau jemur, tak cuma itu pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dipulau penyu itu dengan memancing.


Pulau Tilan

Pulau Tilan terletak di seberang Desa Rantau Bais yang dibelah oleh Sungai Rokan. Untuk sampai ke Pulau Tilan pengunjung mesti menggunakan sampan. Jarak Pulau Tilan sekitar 20 km dari Ujung Tanjung, Tanah Putih. Pulau Tilan ini miliki pantai yang sangat indah di sepanjang aliran Sungai Rokan.

Pulau Tilan ini merupakan salah satu objek wisata yang akan dikembangkan pemerintah setempat. Banyak potensi yang dapat diberdayakan dari Pulau Tilan ini, kawasan yang indah dan potensi ikan yang besar. Pulau Tilan yang miliki daya tarik tersebut tidak hanya menarik bagi masyarakat setempat dan wilayah Riau saja namun pihak investor juga tertarik akan keindahan Pulau Tilan. Luas Pulau Tilan sekitrar 500 hektar dengan berbagai pepohonan besar yang tumbuh dan juga terdapat rumput hijau yang alami sehingga menjadikan Pulau Tilan miliki pemandangan yang sangat indah dan menawan. Para wisatawan sangat tertarik dengan kondisi kawsana ini.

Pemkab Rohil miliki keinginan kuat untuk terus mengembangkan keindahan dan fasilitas untuk wisata di Pulau Tilan agar Pulau Tilan semakin nyaman
dan mendatangkan wisatawan dari mana saja hingga  mancanegara sehingga akan menaikkan penghasilan daerah dari sektor pariwisata.

Di Pulau Tilan wisatawan juga bisa menyaksikan matahari yang sangat menakjubkan saat tenggelam di ufuk barat dan juga cahaya lampu yang temaram dari rumah penduduk yang ada, di waktu malam pemandangan ini seperti kunang-kunang yang sedang menari-nari diatas permukaan air. Berbagai fasilitas juga terdapat di Pulau Tilan yang akan memanjakan wisatawan yaitu ada perahu penyeberangan, perahu memancing, gazebo, taman bermain, volley pantai,  dermaga serta lapangan golf mini. Hutan alam Pulau Tilan yang asri dan lebat sangat cocok menjadi tempat bumi perkemahan pramuka maupun tempat kegiatan penelitian ilmiah, Untuk pengembangan pulau tilan sendiri, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau bakal membangun Jembatan gantung di Pulau Tilan, Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih untuk dijadikan salah satu objek pariwisata andalan yang ada di daerah itu.

"Kita melihat kondisi Pulau Tilan saat ini sangat menakjubkan sekali dan perlu dibangun Jembatan Gantung sehingga Pengunjung nantinya mudah menyeberang," kata Bupati Rokan Hilir Suyatno.

Untuk mengembangkan Pulau Tilan dan dijadikan salah satu objek wisata andalan, Bupati meminta dukungan dari DPRD Riau daerah pemilihan Rohil agar bersama-sama memikirkan bagaimana pulau tersebut menjadi sebuah pulau ternama di Provinsi Riau. "Saya berharap anggota DPRD Riau yang hadir saat ini bisa membantu pemerintah daerah untuk mengembangkan Pulau Tilan, sehingga diharapkan nantinya tidak hanya pengjunjung lokal yang datang kesini tapi juga mampu menarik wisatawan mancanegara," sebutnya.

Selain itu, ia juga berkeinginan dalam waktu dekat akan melakukan penghijauan di Pulau Tilan tersebut. "Tadi saya sempat meninjau sekeliling pulau ini, kalau kita tanami pohon lindung sungguh indah sekali. Makanya saya instruksikan Dinas Kehutanan segera menyiapkan bibit dan nanti akan dilakukan acara penanaman serentak," tuturnya.

Sementara itu, Penghulu Rantau Bais Aljufrizal meminta Pemkab Rohil segera membangun Jembatan Gantung, karena bukti nyata kesadaran masyarakat terhadap objek wisata Pulau Tilan cukup tinggi. "Buktinya hutan yang ada diseberang Pulau Tilan sampai saat ini tetap dilestarikan, ditambah lagi giatnya kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui pengumuman maupun di masjid mereka sudah malu kalau mengambil kayu itu," kata Aljufrizal.
Ia kembali mengingatkan agar pembangunan Jembatan Gantung diprioritaskan sehingga nantinya setiap orang yang datang ke Pulau Tilan mudah menyeberang.  "Kita berharap apa yang disampaikan Bupati tadi Jembatan Gantung bisa segera terealiasasi," harap nya.

Sementara itu Politisi Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia (PDIP) Rohil itu juga mengharapkan wacana pemkab Rohil itu bisa terwujud pada tahun 2017 mendatang. "Mudah-mudahan pengembangan wisata pulau tilan itu tahun depan bisa terealisasi, dengan begitu Pendapatan Asil Daerah (PAD) disektor kepariwisataan bisa meningkat," harapnya. Apalagi katanya pulau tilan itu selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Selain itu, pulau tilan itu informasinya juga telah dilirik oleh investor yang ingin membangun lapangan olahraga Golf karena areal lahannya sangat luas. "Kita yakin kalau pulau tilan ini dikembangkan secara serius maka akan mampu menambah PAD Rohil kedepannya," ungkapnya.Adv/Gege/Jun

Pulau Jermur

 

 


 


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker