Indonesia Lumbung Pangan Dunia, Satgas Kedaulatan Pangan Nasional Solusinya.


Dibaca: 2668 kali 
Senin, 29 Agustus 2016 - 17:42:53 WIB
Indonesia Lumbung Pangan Dunia, Satgas Kedaulatan Pangan Nasional Solusinya.

GagasanRiau.Com Bantul - Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (PETANI), Satrio Damardjati mengatakan, Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia sudah pernah disampaikan dan dipaparkan saat jajaran Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PETANI beserta dirinya dipanggil menghadap Deputi IV Kantar Staf Presiden (KSP) beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut, yang diantaranya membahas masalah ketersediaan pangan seperti daging, beras, dan lain-lainnya serta mendiskusikan tentang GERAKAN NASIONAL KAUM MUDA BERTANI dan BANGGA JADI PETANI karena saat ini Indonesia mengalami krisis tenaga kerja di sektor pertanian.

Juga membahas membangun Satuan Tugas (Satgas) Kedaulatan Pangan Nasional sebagai kerangka Badan Pangan Nasional. Satrio menegaskan, bahwa Indonesia bisa mencapai Swasembada Pangan Absolut 5 tahun mendatang (2021) dan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia 10 tahun mendatang (2026).

"Tidak ada istilah kesulitan komunikasi dalam era digital sekarang ini dalam pencapaian menuju Swasembada Pangan Absolut dan pencapaian Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia, tinggal hanya bagaimana membangun mekanisme dan sistemnya bagi instansi-instansi yang terlibat dalam masalah pangan (baik dari hulu maupun sampai hilir." ujurnya disela-sela mempersiapkan Milad PETANI Ke-22 tahun di Sekretariat Laboratorium PETANI Unit Bantul DIY, Senin (29/082016).

Indonesia saat ini berada dalam urutan ke 66 dalam masalah ketersediaan pangan di dunia. Menurut Satrio, Indonesia yang merupakan Negara Maritim berbasis Agraris. Tinggal apa dan bagaimana pengelolaannya serta siapa yang akan mengelola dari hulu sampai hilir.

"Secara umum kalau bicara produksi pangan itu kan tupoksinya Kementerian Pertanian, bicara industri pengolahan pangan tupoksinya Kementerian Perindustrian, bicara harga pangan murah atau stock komoditi pangan tupoksinya Kementerian Perdagangan. Nah tentu masing-masing instansi tersebut memiliki target program dan alokasi Anggaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita membutuhkan sebuah 'Ring Food Nation Framework' dan itu adalah Satuan Tugas (Satgas) Kedaulatan Pangan Nasional sebagai kerangka Badan Pangan Nasional untuk mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia kedepannya." jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Deputi IV KSP Eko Sulistyo dalam pertemuan dengan Ketum dan jajaran pengurus DPN PETANI beberapa waktu lalu, bahwa format dari Badan Pangan Nasional sedang dalam pembahasan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPanRB) oleh karena itu tinggal ditunggu saja hasilnya.**/rilis


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker