Memasuki Musim Hujan, Gubri Akan Hentikan Satgas Karhutla Akhir November


Dibaca: 1229 kali 
Ahad, 13 November 2016 - 17:52:11 WIB
Memasuki Musim Hujan, Gubri Akan Hentikan Satgas Karhutla Akhir November

GagasanRiau.Com Pekanbaru  - Memasuki musim hujan, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan Satuan Tugas siaga darurat penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Riau akan segera dihentikan pada akhir November 2016.

"Kita pertimbangkan tidak diperpanjang setelah akhir November nanti," kata Arsyadjuliandi (Andi) Rachman kepada Antara di Sekolah Polisi Negara Pekanbaru, Sabtu.

Andi mengakui bahwa saat ini kondisi Riau telah memasuki musim hujan dan Karhutla di wilayah tersebut dipastikan nihil sejak medio Oktober 2016 lalu.

Meski begitu, dia mengatakan tidak ingin tergesa-gesa mencabut status siaga darurat Karhutla hingga masa status berakhir akhir November mendatang.

Status siaga darurat Karhutla Riau sebelumnya ditetapkan pada Maret-Juni 2016. Kemudian status siaga darurat Karhutla kembali diperpanjang pada Juni-November 2016.

Penetapan dan perpanjangan status siaga darurat Karhutla tersebut dilakukan sebagai upaya memaksimalkan pencegahan penanggulangan bencana yang terjadi saban tahun tersebut.

Senada dengan Gubernur Riau, Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Kolonel CZI I Nyoman Parwata kepada Antara mengatakan tidak ingin buru-buru menutup Satgas Karhutla Riau. Dia mengatakan sesuai perpanjangan status siaga darurat, maka Satgas Karhutla akan dihentikan pada akhir November ini.

Lebih jauh dia mengapresiasi kinerja Satgas Karhutla yang merupakan gabungan TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan BKSDA dan instansi lainnya dalam menekan angka Karhutla di Riau.

"Ini kerja keras yang luar biasa sehingga Riau tidak lagi diselimuti asap untuk pertama kalinya dalam 19 tahun terakhir," urainya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau mencatat luas kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut mencapai 3.902 hektare sepanjang periode Januari-Oktober 2016.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger  membandingkan pada periode yang sama pada 2015 lalu, total kebakaran hutan dan lahan di Riau mencapai 6.900 hektare. Bahkan, jika dibandingkan pada 2014 silam, total luas kebakaran hutan dan lahan di Riau mencapai 23.000 hektare.

Artinya, setiap tahun Riau berhasil menekan angka kebakaran hutan dan lahan secara signifikan, ujarnya.(ANT)

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker