Tiga Dugaan Pelanggaran PT SAL yang Ditemukan Aktivis


Dibaca: 2615 kali 
Rabu, 11 Januari 2017 - 18:49:50 WIB
Tiga Dugaan Pelanggaran PT SAL yang Ditemukan Aktivis Demonstran saat menggelar aksi demo di Indragirihilir, Rabu (11/1/2017)
GagasanRiau.com, TEMBILAHAN - Menurut investigasi aktifis Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru,  Devy menyampaikan hasil temuan mereka di lapangan, ada tiga dugaan pelanggaran yang masih dilakukan PT Setia Agrindo Lestari (PT SAL). Pertama, masih ditemukannya bibit sawit baru di areal perusahaan. Kemudian, adanya jejak alat berat di lokasi. Terakhir, adanya pembukaan kanal baru yang masih berusia sekira 2-3 bulan.
 
"Kami menemukan masih adanya aktifitas PT SAL di lapangan, padahal sudah ada surat perintah penghentian sementara," ujar Devy saat pertemuan bersama pemerintah Inhil yang dihadiri Bupati HM Wardan serta Dinas terkait, Rabu (11/1/17).
 
Sebelumnya, perusahaan tersebut dituntut oleh perwakilan masyarakat Desa Pungkat, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil dan WALHI mengenai ditemukannya aktifitas perusahaan setelah Pemkab Inhil sudah mengeluarkan surat penghentian aktifitas perusahaan.
 
Menanggapi laporan tersebut, Bupati Inhil HM Wardan langsung mengintruksikan Dinas Perkebunan dan instansi terkait lainnya untuk melakukan pengecekan segera di lapangan, "Tolong Dinas Perkebunan lakukan pengecekan di lapangan atas temuan dari LBH Pekanbaru ini," katanya menginstruksikan.
 
Hal tersebut guna mencari kebenaran atas laporan masyarakat, karena ini merupakan pelanggaran atas surat penghentian operasional sementara yang dikeluarkan Pemkab Inhil, "Jadi tolong dicek, karena kalau benar seperti temuan ini, berarti perusahaan ini sudah mengangkangi kebijakan yang dikeluarkan (Pemkab Inhi)," tegasnya. 
 
Wardan menyebutkan, akan segera memanggil pihak perusahaan untuk memeriksa kembali mengenai temuan LBH Pekanbaru ini untuk menyelesaikan secara sehingga polemik antara perusahan dengan Masyarakat tidak berlarut-larut.***
 
Reporter: Daud M Nur

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker