Pilkada di Riau, Ada Dugaan Korupsi KPU Direskrimsus Polda Lakukan Pendalaman


Dibaca: 2948 kali 
Kamis, 16 Februari 2017 - 16:56:57 WIB
Pilkada di Riau, Ada Dugaan Korupsi KPU Direskrimsus Polda Lakukan Pendalaman

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Riau, sepertinya akan "makan korban". Pasalnya Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau mencium aroma korupsi di dua lembaga penyelenggara pemilu. Yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Indikasi dugaan korupsi ini terkuak setelah Rabu kemarin, 15 Februari 2017 pada saat pelaksanaan proses pencoblosan, dimana rombongan pejabat utama Polda Riau mendampingi Forkopimda mengunjungi Tempat Pemungutan Suara TPS di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Disaat itu, Direktur Tindak Pidana Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Rivai Sinambela, SH melakukan dialog dengan seluruh PPS (Panitia Pemungutan Suara) di beberapa TPS. Dalam dialog singkat itu Panitia di 5 TPS yang berbeda mengeluhkan bahwa setiap TPS dilakukan pemotongan sebesar Rp 260.000,- (Dua Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah).

Berdasarkan informasi tersebut, Direktur Tindak Pidana Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Rivai Sinambela, SH menyatakan akan melalukan pendalaman terkait temuan tersebut, dalam gelar apel pagi rutin di halaman Markas Komando Polda Riau pagi ini (16/02/2017).

"Kita akan melakukan penyelidikan mendalam atas dugaan penyimpangan ini dan tentu kita tak akan tinggal diam" ujar Rivai.

Berdasarkan data yang dihimpun, bahwa jumlah TPS di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru adalah sebanyak 2.839 TPS. Jika pemotongan ini dilakukan merata disemua TPS akan didapatkan jumlah sebesar Rp 738.140.000,- (Tujuh Ratus Tiga Puluh Delapan Juta Seratus empat Puluh Ribu Rupiah).

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo,SIK,MM mengatakan bahwa penelusuran kasus ini akan didalami pada seluruh TPS yang yang ada di Riau. Seperti dari yang mengadakan Pilkada diantaranya di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Dimana jika ditotalkan kedua nya berjumlah sebanyak 2.839 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru. "Kita minta awak pers bersabar karena penyelidikan ini baru saja kita mulai" ujar Guntur.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker