Ini Tekad Yanto Budiman Maju Sebagai Ketua PWI, Jadikan Rumah Bagi Seluruh Jurnalis di Riau


Dibaca: 3121 kali 
Ahad, 18 Juni 2017 - 19:09:35 WIB
Ini Tekad Yanto Budiman Maju Sebagai Ketua PWI, Jadikan Rumah Bagi Seluruh Jurnalis di Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Wartawan senior Ir Yanto Budiman Situmeang bertekad jadikan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau sebagai rumah seluruh jurnalis di Bumi Lancang Kuning ini. Tekad ini sampaikan sebagai bekal untuk maju merebut puncak kepengurusan organisasi para pekerja pemburu berita tersebut.

Dimana agenda tersebut akan dihelat pada 15 Juli mendatang di Kabupaten Pelalawan.

"Menjadikan kantor PWI rumah bagi seluruh wartawan yang ada di Riau khususnya Pekanbaru, selain itu juga menyangkut kesejahteraan wartawan yang menjadi anggota PWI" ungkap Yanto Budiman Situmeang kepada GAGASANRIAU.COM, Sabtu malam (17/6/2017).

Karena kata Yanto ini merupakan Pekerjaan Rumah (PR) yang tertunda harus segera dieksekusi kedepan. Jika amanah jabatan ketua diberikan, saya akan menitikberatkan pada kepentingan anggota PWI secara bersama-sama," kata Yanto lagi.

Saat ini Yanto masih menjadi pengurus PWI Riau dan menjabat Plt Bendahara. Dikatakan Yanto banyak aspirasi dari anggota yang tergabung dalam PWI Riau, belum terpenuhi dan terakomodir. Meskipun, saat ini dia mengklaim kepengurusan selama ini dinilai cukup baik.

"Anggota harus mendapat manfaat langsung atau tidak langsung. Semua ini akan kita rumuskan dalam program yang sudah dirancang nanti," paparnya.

Program itu katanya, melakukan penguatan kepada fungsi organisasi dan pelayanan dan kontribusi yang harus didapatkan oleh anggota PWI. Jadi, bukan hanya sekadar bergabung menjadi anggota.

"Sebenarnya, problem mendasar itu ada pada pertanyaan, apa manfaat bergabung di PWI. Ini yang harus dikuatkan dan dijelaskan kepada anggota sehingga anggota nyaman bergabung," terangnya.

Manfaat itu sebutnya, terlihat dari hambatan keuangan yang disuarakan melalui akar rumput. Untuk itu, perlu adanya badan usaha koperasi yang kuat dalam melakukan simpan pinjam sehingga kesejahteraan anggota terbantukan.

"Karena ini (simpan pinjam,red) berkaitan langsung dengan kebutuhan riil. Tidak mungkin ada logika, jika logistik tidak ada," cetusnya.

Peningkatan profesionalisme wartawan bagi anggota PWI harus dibangun dengan cara bekerjasama melalui dewan pers dan organisasi lainnya sehingga mutu dan kualitas wartawan dilapangan teruji lewat kompetensi wartawan secara periodik.

"Profesionalisme dan kesejahteraan itu setali tiga uang. Jadi, keduanya harus beriringan dibangun. Baik itu anggota PWI atau bukan anggota, kantor PWI itu rumahnya para wartawan. Karena kita senasib sepenanggungan," bebernya.

Kedepan, organisasi ini diminta tidak bergantung lagi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Pengurus, harus lebih aktif dan kreatif dalam mencari sumber-sumber pendanaan melalui jaringan lain.

"APBD terus mendapat tekanan untuk pembiayaan publik. Aturan dari pusat sekarang makin ketat terutama soal pengaturan dana publik. Saya akan mencarikan sumber-sumber pendanaan taktis maupun strategis dan dikelola secara transparan dan akuntabel," tutupnya.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker