Bupati Bengkalis Minta Semua Komponen Masyarakat Agar Jangan Gampang Dibenturkan


Dibaca: 2196 kali 
Senin, 05 Maret 2018 - 12:50:33 WIB
Bupati Bengkalis Minta Semua Komponen Masyarakat Agar Jangan Gampang Dibenturkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin memberi pengarahan saat pertemuan dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama. (f: grc)
GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS-Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak seluruh komponen di Kecamatan Mandau dan Kabupaten Bengkalis pada umumnya agar tidak gampang diadu domba dan dibenturkan. Karena keutuhan yang ada saat ini tidak bisa dipisahkan oleh siapa pun, sampai kapan pun dan apaun.
 
Bupati Amril mengatakan hal itu saat mengadakan pertemuan dengan seluruh tokoh masyarakat dan agama, Minggu (4/3/2018) malam. Pertemuan digelar menyusul aksi penolakan peresmian rumah adat Batak yang didirikan Yayasan Raja Tawar Mula di Kecamatan Mandau, Bupati Bengkalis.
 
Pertemuan diawali dengan makan malam bersama dengan seluruh tokoh masyarakat dan agama. Selanjutnya digelar dialog, guna mencarikan solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi baru-baru ini. Pertemuan yang digelar di salah satu hotel di Duri, Kecamatan Mandau, dihadiri Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni, Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Ketua LAMR Bengkalis Zainudin, Ketua LAMR Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis dan Forum Kerukunan Umat Beragama.
 
Juga hadir anggota DPRD Bengkalis Hendri, Fransiska Sinambela, Sekretaris Daerah Bengkalis Bustami, Camat Mandau Basuki Rahmat, Ketua Yayasan Raja Tawar Mula Nursita Nainggolan serta para ketua ikatan keluarga/paguyuban.Bupati Amril memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran para tokoh masyarakat dan agama dalam pertemuan tersebut. Tujuan dari pertemuan itu, semata-mata untuk menjaga keutuhan dan persatuan NKRI dan daerah, khususnya Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.
 
Dikatakan Bupati, selama ini masyarakat di Kecamatan Mandau, selalu hidup berdampingan dalam kondisi rukun, tentram dan nyaman, walapun berasal dari berbagai suku dan agama. Dia tidak menginginkan kondisi tersebut terusik.
 
Bupati Amril mengajak seluruh komponen yang ada untuk saling menghargai dan menghormati, maka persoalan pergesekan di masyarakat tidak akan terjadi. Bak kata pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. ''Kita harus menjaga keutuhan NKRI, kita hidup berbagai suku dan agama, harus saling menjaga dan menghargai. Tapi setiap daerah ada karekteristiknya, ada adat istiadatnya,'' tegasnya.
 
Menyikapi tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bangunan yang saat ini menjadi titik persoalan di masyarakat, sejak awal peruntukannya untuk rumah tempat tinggal yang bernuansa suku Batak. Menurutnya, hal tersebut sah-sah saja. Setiap warga dari suku lain juga bisa membuat rumah tempat tinggal bernuansa daerahnya.
 
''Pemerintah berbicara sesuai aturan, maka pergunakan izin yang ada sesuai dengan peruntukannya. Jangan kita membuat hal-hal di luar itu,'' ungkapnya.
 
Bupati memerintahkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, serta instansi terkait untuk mengecek dan meninjau ulang izin tersebut. ''Jangan gara-gara sedikit menjadi persoalan. Kita tidak mau persoalan dicampuradukkan. Ini seolah-olah antara Batak dan Melayu,'' tandasnya.
 
Pada kesempatan itu, pemilik Yayasan Raja Tawar Mula, mengakui izin berdirinya bangunan itu, rumah tempat tinggal bernuansa adat. Untuk itu, pemilik tidak dibenarkan untuk menyalahgunakan izin tersebut dari rumah tempat tinggal menjadi rumah adat.
Bupati menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis tidak berpihak kepada siapa pun, namun sesuai dengan aturan dan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.
 
Dia minta kepada aparat kepolisian untuk tidak segan-segan menindak tegas setiap kelompok atau oknum tertentu yang disinyalir menjadi provokator berusaha memecah belah masyarakat.
 
''Karena selama ini kita sudah damai dan nyaman. Jangan gara-gara nila setitik, rusak susu sebelanga,'' ungkap Amril Mukminin.
 
Terkait permintaan pemilik Yayasan Raja Tawar Mula, Norsita Nainggolan adanya jaminan keamanan, Bupati menegaskan, setiap warga negara Indonesia dijamin keamanannya oleh negara.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : GoRiau.com
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker