FKWI Dukung Astra Kembangkan Turunan Kelapa Inhil


Dibaca: 1438 kali 
Sabtu, 12 Oktober 2019 - 14:11:56 WIB
FKWI Dukung Astra Kembangkan Turunan Kelapa Inhil Ketua FKWI Debi Candra saat menyambut kedatangan Bupati HM Wardan dan Deputy Chief of Corporate Affairs Astra International Riza Deliansyah menghadiri acara penyerahan bantuan dari Astra untuk Desa Sejahtera Astra kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hil
GAGASANRIAU.COM, BATAM - Forum Komunikasi Wartawan Indragiri Hilir (FKWI) salurkan pengabdiannya untuk masyarakat petani dengan mendukung PT Astra International Tbk akan kembangkan potensi turunan kelapa dari 197 desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.
 
Hal ini dibuktikan dengan penyerahan bantuan dari Astra untuk Desa Sejahtera Astra kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir disaksikan oleh Jenderal DPT Kemendesa RI Samsul Widodo dan Debuti IV Kemenko Bidang Perekonomian Muhammad Rudy Salahuddin serta dihadiri Bupati HM Wardan di Hotel Harmoni One Hotel Batam, Sabtu (12/10/2019), Juga menghadirkan 50 orang petani Inhil dari berbagai desa.
 
Deputy Chief of Corporate Affairs Astra International, Riza Deliansyah saat sambutannya mengatakan, saat ini sudah ada 10 desa dari Indrgairi Hilir dibina melalui Desa Sejahtera Astra dengan menyalurkan program CSR yang dapat membantu perkembangan ekonomi desa dalam pengembangan turunan kelapa dimiliki Kabupaten Indrgairi Hilir.
 
"Kami berkomitmen mewujudkan program ini dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan," sebut Riza Deliansyah. Acara penyerahan bantuan dari Astra ini juga dihadiri Plt Kepala Disdagtrin Dhoan Dwi Anggara, Kadis Bappeda, Kedis Perkebunan, Kepala Bagian Ekonomi, KadiskominfoPs HM Thaher, Kadis PMD Yulizal.
 
Lebih lanjut, Riza mengatakan program ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan melalui percepatan pembangunan desa, Astra mencanangkan program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera. Program ini fokus pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa melalui pengembangan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) sesuai daerahnya masing-masing.
 
"Saya berharap kerjasama ini terus berlanjut, agar masyarakat petani terbantu dalam pengembangan perekonomiannya. Astra berupaya terus mendorong perputaran roda perekonomian di wilayah pedesaan, dengan mengedepankan potensi di masing-masing desa yang ada di inhil," jelasnya 
 
Pengembangan ekonomi perdesaan yang dilakukan Astra tak hanya dukungan berupa fasilitas finansial, namun juga dalam bentuk pendampingan dan pasar. Sehingga potensi yang dimiliki Indragiri Hilir saat melakukan pengembangan turunan kelapa yang akan diolah agar menjadi prodak ekspor ke luar negeri.
 
"Program Desa Sejahtera Astra dilakukan dengan memberikan pelatihan, pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal usaha dan pemasaran," sebutnya. 
 
Sementara itu, Bupati HM Wardan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran PT Astra diyakini mampu meningkatkan perekonomian kerakyatan melalui program pengembangan kewirausahaan berbasis masyarakat desa.
 
Saat ini 10 desa sudah mengikuti program Desa Sejahtera Astra dalam melakukan pengembangan turunan kopra. Bupati berharap seluruh desa yang ada di Indrgairi Hilir mengikuti program ini, sehingga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi perdesaan khususnya unggulan kelapa nantinya bernilai ekonomi sehingga dapat ekspor ke mancanegara.
 
"Dari 197 desa sudah kita wajibkan harus membentuk BUMDesa. Alhamdulillah awal 2019 sudah terbentuk seluruh Desa untuk mengelola produk turunan kelapa," 
 
Di dalam RPJMD dari tahun 2018-2020 Pemerintah Indrgairi Hilir memang memfokuskan untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan, dengan memfokuskan dalam pembinaan BUMDesa diseluruh desa se Indragiri Hilir.
 
"Melalui kesempatan ini, Astra menjadi perusahaan pertama masuk ke Indragiri Hilir. Semoga Astra dapat memberikan peluang dalam membantu pengembangan potensi desa," 
 
Wardan mengatakan, program ini hanya dapat tercapai dengan sinergi aktif berbagai pemangku kepentingan. Artinya seluruh pihak harus bekerjasama, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat desa itu sendiri. Agar dapat menjalankan program ini dengan baik dengan fokus kepada pengelolaan pengembangan turunan kelapa. 
 
"Harapannya program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mengurangi angka pengangguran,” tegasnya.
 
Untuk diketahui, acara tersebut dilanjutkan penyerahan bantuan dari Astra untuk Desa Sejahtera Astra kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, juga penandatanganan ekspor produk Desa Sejahtera Astra Indrgairi Hilir disaksikan oleh Jenderal DPT Kemendesa RI,  Samsul Widodo dan Debuti IV Kemenko Bidang Bidang Perekonomian Muhammad Rudy Salahuddin.
 
Reporter: Daud M Nur

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker