Di Usia Kabupaten Pelalawan Ke-20

Pemkab Komit Peningkatan SDM Dan Kondusifitas Daerah Menuju Pelalawan EMAS


Dibaca: 2526 kali 
Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:11:55 WIB
Pemkab Komit Peningkatan SDM Dan Kondusifitas Daerah Menuju Pelalawan EMAS
GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Sejak berdirinya Kabupaten Pelalawan tahun 1999 hingga tahun 2019 saat ini, berbagai pencapaian program setiap tahun yang membawa keberhasilan kemajuan pembangunan, tentunya juga menjadi prestasi bagi pemangku pemimpin di negeri ini untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan. Sebagai daerah dengan segala potensi, peluang dan kendala serta permasalahan yang dihadapi, Kabupaten yang memiliki motto Tuah Negeri Seiya Sekata ini terus menggeliat memposisikan diri sejajar dan bahkan terdepan diantara daerah otonom lainnya di negeri ini khususnya dalam kemajuan pembangunan daerah. 
 
Setelah berdiri menjadi daerah tersendiri, pertumbuhan APBD Kabupaten Pelalawan mengalami peningkatan cukup siginfikan, mulai dari tahun 1999 sebesar Rp 1 triliun hingga pada angka Rp 2 triliun lebih pada tahun 2015 lalu. Namun, sejak tahun 2016 lalu hingga 2019 ini, terjadi penurunan besaran APBD akibat adanya devisit anggaran dari pemerintah pusat. Atas kondisi tersebut, sejumlah program pembangunan cukup banyak yang tertunda, sehingga pembangunan dilakukan dengan cara skala prioritas.
 
Bupati Pelalawan HM Harris bersama Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM memimpin sidang paripurna istimewa HUT Pelalawan k2-20 di Gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pelalawan, Sabtu 12/10)
 
Kepada awak media Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, tepat tanggal 12 oktober 2019 lalu di usia Kabupaten Pelalawan yang  ke-20 tahun ini, dirinya memiliki harapan besar untuk menjadikan kabupaten Pelalawan yang semakin maju dan berkembang. Namun demikian, untuk mewujudkan harapan tersebut, maka kuncinya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia dan Kondusifitas Daerah Menuju Pelalawan Emas. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Kabupaten Pelalawan dan Indonesia di masa depan. Dimana sumber Daya Manusia di Kabupaten Pelalawan harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0 ini.
 
Bupati Pelalawan dua periode ini, bahwa selama satu tahun terakhir tepatnya pada peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pelalawan yang ke-19 Tahun 2018 yang lalu, telah banyak terjadi perubahan dan kemajuan. Seperti laju pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pelalawan pada Tahun 2018 sebesar 3,75 %, kondisi ini lebih baik dari rata rata Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau sebesar 2,71 %. Persentase Jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Pelalawan semakin menurun, dimana saat ini sebesar 9,73 % lebih rendah dari tahun lalu yakni sebesar 10,25 %. Dan tingkat Pengangguran Terbuka penduduk Kabupaten Pelalawan saat ini sebesar 5,30 % berada dibawah rata-rata Tingkat Pengganguran Terbuka Provinsi Riau yakni 6,20 %.
 
Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr. Ir Hammam Riza M.Sc bersama Bupati Pelalawan. HM Harris usai menandatangani prasasti Pilot Project  System  Integrasi Sawit Sapi Pada Peternakan Rakyat  di gedung Datuk Laksamana Mangku Diraja Pangkalan Kerinci, Sabtu 12/10)
 
"Kemudian Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pelalawan meningkat dari angka 70,59 menjadi 71,44 dan masuk kategori tinggi di Provinsi Riau. Tingginya IPM Kabupaten Pelalawan didukung oleh peningkatan kinerja indikator pembentuk antara lain (a) Usia Harapan Hidup, terus meningkat dari 70,54 menjadi 70,74 (b) Rata-rata Lama Sekolah tahun lalu sebesar 8,19 naik menjadi 8,44 Poin, (c) angka harapan lama sekolah tahun lalu sebesar 11,89  naik menjadi 12,16 Poin dan (d) Pengeluaran per kapita penduduk Kabupaten Pelalawan terus mengalami peningkatan dari Rp. 11,725 Juta pada tahun lalu menjadi Rp. 11,894 Juta," tuturnya.
 
Pada Bidang Pendidikan, sambung mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini, Pemkab Pelalawan terus melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, baik itu pembangunan Ruang Kelas Baru, penambahan meubeller serta sarana pendukung lainnya, dan semakin berhasil perbaikan mutu pembelajaran. Terkait peningkatan kualitas Guru, pada tahun 2018 yang lalu, Bupati Pelalawan mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Literasi Nasional 2018 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta pada tanggal 11 November 2018. Penghargaan diberikan atas komitemen, dedikasi dan kontribusi Bupati Pelalawan pada dunia pendidikan khususnya peningkatan kompetensi guru.
 
"Sedangkan pada Bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan terus komitmen mewujudkan masyarakat yang sehat menuju Pelalawan Emas. Dan atas Komitmen Pemerintah Daerah mewujudkan Masyarakat yang sehat, Pemerintah Pusat telah meanugerahkan Penghargaan kepada Pelalawan sebagai Daerah Pembangunan Kesehatan dan Kesejahteraan Terbaik se-Indonesia pada tanggal 28 November 2018 yang lalu di Jakarta. Dan pada tanggal 4 Oktober 2019, Pemkab Pelalawan kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat, yakni Kabupaten Pelalawan dinyatakan bebas dari eliminasi penyakit kaki gajah (Filariasis).Selanjutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan pada Tahun 2018 juga menerima Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.Jadi, dalam pelaksanaan peningkatan kesadaran kesehatan ditengah masyarakat ini, tidak hanya sebatas slogan semata melainkan terus direalisasikan dengan berbagai kegiatan pembangunan khususnya bidang kesehatan," bebernya.
 
Bupati Pelalawan HM Harris menerima penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) 2019 kategori Daerah Sangat Inovatif klaster daerah pesaing yang diterima langsung dari  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Senin (7/10) malam lalu dihotel borobudur jalan lapangan banteng selatan Jakarta Pusat.
 
"Sebagai implementasi dari visi Inovasi Menuju Pelalawan EMAS, pada Tahun 2019 ini, seluruh Perangkat Daerah termasuk Pemerintahan Kecamatan telah menciptakan dan melaksanakan inovasi kerja dan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Dari 41 Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Pelalawan, terdaftar lebih dari 80 Inovasi Kerja dan Inovasi Pelayanan, yang diharapkan hal ini dapat mendorong efisiensi dan efektifitas kerja, dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan.  Atas Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mengelola Inovasi Adminitrasi Negara ini, Lembaga Admintrasi Negara RI telah memberikan penghargaan kepada Bupati Pelalawan yakni INAGARA AWARD pada Tanggal 30 Oktober 2018 yang lalu. Selanjutnya, pada Tanggal 7 Oktober 2019 yang lalu, kita kembali meraih penghargaan predikat pertama INNOVATION GOVERNMENT AWARD (IGA) Tahun 2019 Kategori Kabupaten Perbatasan paling inovatif dari Kementerian Dalam Negeri," sebutnya.
 
Selanjutnya, sambung mantan Ketua Adkasi ini, pada sektor pengembangan Koperasi dan UMKM, Kabupaten Pelalawan terpilih sebagai penerima Penghargaan Natamukti dari ICSB Indonesia City Awards 2019. Penghargaan Natamukti ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di Kabupaten Pelalawan. 
 
Dan pada Sektor Pertanian, Pemkab semakin berhasil meningkatan produksi dan produktivitas padi, produksi dan produktivitas peternakan, perikanan dan perkebunan. Kesejahteraan petani merupakan skala prioritas dan menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah melalui Program Pelalawan Makmur. Saat ini Produktivitas padi sudah mencapai 5,23 ton per hektar dari sebelumnya 5,20 ton per hektar. Atas Komitmen yang tinggi pada pada pengelolaan sektor pertanian ini, Pemerintah Daerah menerima Penghargaan dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian pada tanggal 15 Maret 2019 yang lalu. Kabupaten Pelalawan dinilai sukses menerapkan inovasi teknologi Pertanian.
 
"Pada Sektor Pariwisata, kita terus melakukan pembenahan dan pembangunan sarana dan prasarana Wisata Bono dan objek wisata lainnya seperti objek eko wisata Danau Tajwid. Khusus untuk pengembangan Eko Wisata Danau Tajwid sekarang telah menjadi kawasan objek wisata dengan berbagai macam wahana permainan yang diharapkan dapat menambah PAD Kabupaten Pelalawan. Sementara itu, Jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Pelalawan semakin meningkat baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, bahkan Even Wisata Festival Bekudo Bono sudah masuk Kalender Wisata Nasional," tuturnya.
 
Penghargaan Natamukti dari ICSB Indonesia City Awards 2019
 
Meski cukup banyak kemajuan pembangunan yang telah diraih, lanjut Harris, namun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pembangunan akhir-akhir ini yakni semakin berkurangnya dana transfer daerah dari Pemerintah Pusat yang mengakibatkan semakin berkurangnya dana pembangunan yang dimiliki Pemerintah Daerah. Hal ini tentu saja menjadi kendala dalam percepatan mewujudkan visi dan misi pembangunan sebagaimana yang ditetapkan dalam RPJMD 2016-2021. Kendati ditengah kondisi berkurangnya kapasitas anggaran Pemerintah Daerah, kepedulian dunia usaha di Kabupaten Pelalawan terhadap kondisi dan permasalahan pembangunan di daerah ini justru semakin membaik. Berbagai program CSR sudah mulai sinkron dengan program Pemerintah Daerah yang tertuang dalam RPJMD. Dan bahkan, jumlahnya pun sudah semakin meningkat.  Fokusnya antara lain Pembangunan Insfrastruktur Pendidikan, Kesehatan, Perhubungan, Pertamanan, dan Ruang Terbuka Hijau serta Beasiswa bagi mahasiswa ST2P.  
 
"Jadi, jika tahun 2006 lalu Kabupaten Pelalawan masuk kategori salah satu kabupaten tertinggal di Indonesia, maka melalui pendekatan pembangunan yang dilakukan secara berlahan , saat ini kita sudah berhasil keluar dari predikat ketertinggalan tersebut. Sebagaimana sering kami kemukakan bahwa upaya-upaya yang kita lakukan untuk keluar dari ketertinggalan tersebut adalah pembenahan pada bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat, penyediaan sumber daya listrik,  pembangunan infrastruktur perhubungan dan infrastruktur dasar lainnya serta perbaikan sumber perekonomian masyarakat. Selain itu kita terus berupaya mengoptimalkan potensi dan sumber daya daerah serta peningkatan daya saing yang lebih kompetitif.  Inilah yang kemudian menjadi program strategis baik pada periode Pemerintahan 2011-2016 maupun periode Pemerintahan 2016-2021. Program strategis yang dimaksud yakni ; Pelalawan Sehat, Pelalawan Cerdas, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar, Pelalawan Makmur, Pelalawan Eksotis dan Pelalawan Inovatif," bebernya. 
 
 
Ditambahkan Bupati Pelalawan, bahwa terkait dengan Pengembangan Teknopark Pelalawan, Pemkab Pelalawan terus meningkatan pembangunan sarana dan prasarana kawasan. Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) sebagai salah satu pilar utama dari kawasan Teknopolitan ini semakin memperlihatkan fungsi dan perannya. Dimana pada tahun 2019 ini Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) ini telah memperoleh Akreditasi Perguruan Tinggi dari Kemeristedikti RI. Dan dalam perkembangan Teknopolitan ini, dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak terus dijalin. Diantaranya dengan BPPT, DSMI, PT. Rekayasa Enginering, PPKS Medan, dan Instifer Jokjakarta. Dan pada tahun ini, Kabupaten Pelalawan fokus pada program strategis pembangunan pabrik kelapa sawit industrial Palm Oil, bekerjasama dengan investor PT PINDAD persero dan Perusahaan mitra. Program ini merupakan upaya Pemerintah Daerah terlibat langsung untuk mendukung kebijakan nasional dalam pemanfaatan minyak sawit untuk bahan terbarukan, yang diharapkan mampu mendorong pengembangan industri hilir kelapa sawit, serta pemberdayaan petani sawit swadaya.
 
"Kemudian, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan bersama dengan BPPT telah melauncing Pilot Project Integrasi Sawit Sapi Kelompok Karya Lestari Kecamatan Kerumutan untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi di Kabupaten Pelalawan. Apalagi Pelalawan mempunyai perkebunan kelapa sawit yang luas dan bisa menjadi bahan pakan yang murah untuk sapi melalui Sistem Integrasi Sawit Sapi (SISKA). Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan, maka saran, masukan dan koreksi bagi kami dalam mengemban amanah demi kejayaan negeri yang kita cintai ini, sangat diharapkan. Dengan demikian, maka komitmen Pemerintah dalam mewujudkan kemajuan pembangunan dengan peningkatan SDM dan kondisifitas daerah menuju Pelalawan EMAS, dapat tercapai dengan maksimal," tutupnya.

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker