Unri Jalin MoU dengan BPS Riau untuk Dukung Kegiatan Akademik


Dibaca: 1285 kali 
Kamis, 14 November 2019 - 09:43:02 WIB
Unri Jalin MoU dengan BPS Riau untuk Dukung Kegiatan Akademik Penandatanganan MoU antara Universitas Riau dan BPS Riau
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Universitas Riau (Unri) melaksanakan kuliah umum dan penandatangananan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Agreement (MoU) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Kampus Bina Widya Unri pada Rabu (13/11/2019).
 
Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan Unri mendirikan jurusan statistik di bawah naungan Jurusan Matematika sejak tahun 2016. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan kegiatan akademik dibidang pendidikan juga penelitian sosial. "Data adalah sesuatu yang sangat penting untuk sivitas akademika dalam melakukan penelitian, bahkan data bisa dikatakan sebagai nafas dari Perguruan Tinggi," sebutnya.
 
"Melalui MoU ini pula, kita berharap dapat terus berlanjut ke depan,” kata Aras.
 
Kegiatan yang diawali dengan penandatanganan MoU antara Unri dan BPS, dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema Proses Bisnis kegiatan statistik dan sosialisasi sensus penduduk 2020. “Ini berkenaan tentang penyediaan, pemanfaatan, serta pengembangan data dan informasi statistik dalam rangka penyelenggaraan tugas pendidikan tinggi,” ujar Aras.
 
Kepala BPS Provinsi Riau, Drs Misfaruddin MSi, menjelaskan bahwa BPS Provinsi Riau berada langsung di bawah Presiden. BPS tidak bertanggungjawab pada menteri tertentu, dan tidak juga di bawah kementerian atau lembaga, sehingga BPS bertugas secara independen. Tugas BPS adalah menyelenggarakan kegiatan statistik nasional, dan sebagai check and control semua angka statistik lembaga pemerintah.
 
“Tidak semua data ada di BPS. BPS bertanggungjawab untuk menyelenggarakan dan mengumpulkan statistik dasar. Sementara statistik sektoral, adalah tugas kementrian lembaga terkait. Informasi data yang dihasilkan BPS, dipublikasikan dan dapat diunduh secara gratis melalui website BPS oleh masyarakat. Informasi semua publikasi yang di hasilkan oleh BPS bisa didapatkan oleh semua orang, di mana saja,” jelas Misfaruddin.
 
Dengan adanya kerjasama ini, kata Misfaruddin, jika ada keperluan mahasiswa maupun pihak kampus terkait data statistik dapat berkonsultasi langsung dengan BPS Provinsi Riau, dan pihaknya siap membantu. Saat ini banyak data yang dipublis namun tidak bisa di pertanggungjawabkan, “Kita membimbing data statistik, menyajikan data yang bisa dipertanggungjawabkan, dengan metodologi yang jelas,” tutupnya.

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker