PT HKI Berdalih PT GSP Bertindak Sepihak Penyebab Tewasnya Pekerja Proyek Tol Pekanbaru Dumai


Dibaca: 4388 kali 
Kamis, 13 Februari 2020 - 11:21:26 WIB
PT HKI Berdalih PT GSP Bertindak Sepihak Penyebab Tewasnya Pekerja Proyek Tol Pekanbaru Dumai Crane PT Grant Surya Pondasi Sub Contractor PT Hutama Karya (HKi) pada Senin 10 Februari 2020 sekira pukul 17.00 WIB
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Muhammad Fauzan, SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero), mengatakan bahwa tewasnya pekerja yang terjadi di proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Dumai pada hari Senin (10/2) lantaran  PT Grant Surya Pondasi (PT GSP) selaku sub-kontraktor mereka bertindak sepihak tanpa koordinasi saat memobilasi alat berat berupa crane tersebut.
 
"PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol ini telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib dan bersama-sama telah melakukan investigasi lebih lanjut. Mengutip informasi dari HKI, bahwa saat ini HKI sedang menanti investigasi dari Disnaker Prov Riau terkait hal tersebut" kata Fauzan dalam keterangan pers yang diterima Gagasan Kamis pagi (13/2/2020).
 
Menurut dia, pihaknya melalui Sekretaris Perusahaan PT HKI, Alfa Haga Rachmady, melalui siaran pers pada Selasa (12/2) menyampaikan kronologi singkat kecelakaan tersebuut. (Baca Juga : Proyek Tol Pekanbaru Dumai Tewaskan AM, Crane Subcon PT HKi Penyebabnya)
 
“Perlu kami sampaikan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di lokasi proyek yang sedang dikerjakan oleh HKI, dimana berawal dari PT Grant Surya Pondasi (PT GSP) yang hendak memobilisasi alat menuju lokasi pekerjaan" kata dia.
 
Menurut dia, sesuai prosedur Quality & Keselamatan HKI, sebelum proses mobilisasi tersebut diwajibkan untuk dilakukan inspeksi bersama oleh HKI, vendor, konsultan dan pemilik pekerjaan untuk menilai kelayakan alat yang akan bekerja.
 
"Namun sebelum inspeksi tersebut dilakukan, alat di-setting oleh korban dan terjadilah kejadian yang tidak diinginkan tersebut” tutur dia berdasarkan keterangan Alfa.
 
Dia mengatakan bahwa Hutama Karya sebagai BUMN yang bergerak di industri pengembangan infrastruktur menaruh perhatian lebih pada aspek keselamatan kerja. 
 
“Kami sangat concern dengan penerapan K3 pada setiap lingkungan kerja di Hutama Karya baik di kantor pusat maupun di proyek, terutama
di proyek strategis nasional yang melibatkan banyak pihak. Misi kami menciptakan safety culture di lingkungan perusahaan. Tentu dengan kejadian ini kami akan meminta kontraktor yang terlibat dengan proyek ini untuk mengevaluasi kembali prosedur kerja yang diterapkan oleh vendor/sub-kontraktor mereka” jelas Muhammad Fauzan, SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.
 
Dikatakan dia bahwa Hutama Karya akan transparan dalam menyampaikan perkembangan terkini dari kejadian kecelakaan ini. (Baca Juga : Pekerja Tol Pekanbaru-Dumai Tewas Tertimpa Crane )

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker