Kaderismanto: Pengembalian ODP di Bengkalis Ditinjau Ulang dan Tangani Sesuai SOP


Dibaca: 1167 kali 
Senin, 30 Maret 2020 - 11:58:43 WIB
Kaderismanto: Pengembalian ODP di Bengkalis Ditinjau Ulang dan Tangani Sesuai SOP Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto
GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto menghimbau kepada pihak Pemkab untuk meninjau kembali pasien ODP yang dipulangkan ke rumah masing-masing.
 
Peninjauan tersebut dalam rangka upaya memutus mata rantai covid 19 di Kabupaten Bengkalis secara tuntas. Pasalnya, pasien ODP yang baru dipulangkan mempunyai riwayat perjalanan dari negara Malaysia.
 
Bukan hanya itu, Kaderismanto juga meminta Pemkab tetap melakukan karantina sesuai SOP kesehatan terhadap semua orang yang baru pulang dari luar daerah yang masuk dalam zona merah covid 19, apakah itu dari luar negeri atau dari daerah lain di Indonesia.
 
Demikian bertujuan agar karantina dapat di bagi menjadi 2 kategori, yakni zona merah dengan mengalami keluhan kesehatan dan tidak mengalami keluhan kesehatan.
 
"Apabila ada yang mengalami keluhan terhadap ciri dari dampak covid 19 maka wajib di karantina sesuai SOP kesehatan dan yang tidak mengalami keluhan tentu saja dapat dikategorikan ODP dan mengisolasi diri dari rumah," ujanya melalui rilisnya, Minggu lalu (29/3/20).
 
Kemudian Kade juga menegaskan agar Pemkab Bengkalis dapat memberikan insentif fasilitas kesehatan dan tambahan uang puding kepada seluruh petugas medis terutama pasukan medis di garda terdepan yang memberikan pelayanan di seluruh rumah sakit, puskesmas, puskesdes dan pustu di Kabupaten Bengkalis, sesuai dengan pemetaan dampak dan ODP covid 19 ada.
 
Dan kepada Plh Bupati agar aktif melakukan kordinasi ke atas agar semua kepentingan APD dan perlengkapan lain yang dibutuhkan oleh tenaga medis kita dapat benar benar siap untuk melawan wabah ini.
 
"Seperti salah satu nya rapid test yg sampai sekarang masih kosong di semua rumah sakit rujukan di Bengkalis ini. Oleh karena itu kembali kita harapkan agar ada kordinasi yang terus menerus oleh PLH Bupati dengan semua stack holder, untuk memastikan kondisi real di lapangan, " katanya.
 
Selanjutnya terkait dengan penetapan status siaga bencana yang telah ditetapkan, sebaiknya di evaluasi secara suistenable dengan perkembangan kondisi realitas di lapangan yang terupdate. Agar publik mengetahu kondisi terkinikan, sehingga apabila status bencana meningkat maka masyarakat segera  ditingkatkan status bencana menjadi tanggap darurat.
 
"Tentang penutupan akses pemulangan masyarakat Bengkalis dari negeri Jiran Malaysia atau Singapura, sebaiknya di tinjau ulang dan diberikan waktu dengan pengumuman resmi melalui KBRI dan pihak terkait untuk mereka saudara kita yg ingin kembali ke kampung halaman dapat kembali, dan dapat di data dan diperhatikan dengan SOP kesehatan, jangan sampai akses pemulangan di tutup sehingga mereka kembali melewati jalur tidak resmi sehingga tidak terdata dan sangat sulit untuk petakan apakah mereka berdampak terhadap covid 19 atau tidak," tegasnya kembali.
 
Masih jelasnya, bahwa ada beberapa hal yang tentu harus menjadi pertimbangan mendalam bagi pemerintah daerah agar Bengkalis dapat menekan dampak virus yg sangat meresahkan masyarakat kita ini.
 
Dimintanya juga, agar Pemda dapat melakukan sosialisasi secara terpadu dan terus menerus untuk memberikan pemahaman KPD masyarakat terkait dengan SOP melawan covid 19 ini.
 
Himbauan pemerintah kepada masyarakat agar tetap bekerja dan beraktivitas dari rumah sudah tentu akan mengurangi pendapatan masyarakat yang mereka tak dapat penghasilan jika tidak bekerja di luar rumah.
 
Untuk itu Kade secara tegas juga meminta kepada Pemkab Bengkalis segera merumuskan dan keluarkann  kebijakan pemerintah daerah ntuk memberikan insentif kesejahteraan dlm bentuk bantuan sembako terutama kepada masyarakat yg kurang mampu, yang tentunya sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.
 
Ini harus menjadi perhatian Pemkab untuk dapat meringankan beban masyarakat.
 
Seraya Kade mengajak kita semua, agar jangan takut apalagi stres menghadapi wabah ini. Karena sesungguhnya menjaga kesehatan dan kebersihan dengan cara menstabilkan Imun dan daya tahan tubuh serta cuci tangan, jaga jarak, jangan berkumpul dengan jumlah orang yang banyak dan pakai masker, serta hindari kontak dengan org yg sedang dalam pengawasan pihak medis, perbanyak makan sayur dan buah-buahan,  insyaAllah semua dpt di atasi dgn baik.
 
"Semoga Allah Tuhan yg maha esa selalu melindungi kita semua,dan Mari kita bermohon kepada Allah dalam setiap sholat Dan doa kita agar wabah ini segera Allah Angkat dari Bumi ini sesungguhnya dia datang dari nya dan kepadanya pula dia (covid 19 ) Akan kembali, Aamiin," pungkas Kaderismanto
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker