KPU Riau Bahas Persiapan Pemilu Serentak 2020 Bersama Polda Riau


Dibaca: 1344 kali 
Rabu, 17 Juni 2020 - 10:02:34 WIB
KPU Riau Bahas Persiapan Pemilu Serentak 2020 Bersama Polda Riau Rapat Koordinasi KPU Riau dengan Polda Riau (Dok; KPU Riau)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau melakukan agenda koordinasi dengan Polda Riau terkait persiapan pemilihan lanjutan serentak 2020. Kegiatan diakukan pada Selasa (16/6/2020). Acara koordinasi yang bertempat di aula Kapolda Riau, hadir Ketua KPU Riau, Ilham M. Yasir, Anggota KPU Riau Firdaus, Joni Suhaidi, Abdurahman, dan Nugroho Noto Susanto. Turut serta, Sekretaris KPU Riau Rudinal. Semetara dari Polda Riau, hadir Kapolda Riau, Dirkrimum, dan Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Riau. 
 
Ketua KPU Riau, Ilham M. Yasir mengucapkan terima kasih atas sambutan yang baik dari Polda Riau serta kerjasama yang selama ini telah berjalan baik dalam menyukseskan helat pemilihan atau pilkada di Provinsi Riau. 
 
"Tahapan pilkada saat ini telah dilanjutkan kembali. Tahapan awal yang dilanjutkan adalah pengaktifan badan ad hoc dan pelantikan anggota PPS serentak. Alhamdulillah pelantikan PPS se-Riau berjalan dengan baik dan lancar. Protokol kesehatan dilakukan untuk menjaga tidak terjadi potensi penularan virus covid-19," ujar Ilham.
 
Pada kesempatan itu, KPU Riau juga menyampaikan perkembangan terkini tentang telah diundangkannya PKPU 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020. Anggota KPU Riau, Joni Suhaidi memaparkan beberapa agenda tahapan yang sudah di depan mata yang bersumber dari PKPU Nomor 5 tersebut. 
 
"Pemungutan suara yang awalnya direncanakan berlangsung pada 23 September, berganti menjadi tanggal 9 desember 2020. Tahapan, program, dan jadwal pemilihan serentak lanjutan akan dilaksanakan sesuai dengan protocol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dan nanti akan diterbitkan oleh KPU RI terkait tata cara teknis pelaksanaan seluruh tahapan program, dan jadwalnya," jelas Joni.
 
Selain itu, Joni menambahkan bahwa tahapan terdekat adalah verifikasi faktual bakal calon perseorangan yang dimulai pada 24 Juni 2020 dan berakhir pada 12 juli 2020. Di Provinsi Riau, terdapat dua bakal pasangan calon perseorangan di Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Ketua Divisi Program dan Data Pemilih KPU Riau, Abdurahman, menyampaikan terkait TPS, dinamikanya mengikuti regulasi dan standar protokol percepatan penanganan Covid-19. Info terkini, dari jumlah awal 7.737 TPS dengan basis maksimal 800 pemilih per TPS, menjadi bertambah 663 TPS dengan basis maksimal 500 pemilih per TPS. Dengan demikian untuk pemilihan lanjutan 2020 jumlah TPS kita di Provinsi Riau menjadi 8.400 TPS. 
 
"Tentu nanti akan disampaikan jika terjadi perubahan. Mengingat  perkembangan di lapangan masih berjalan dinamis," Abdurahman menambahkan. 
 
Ketua Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, dalam forum silaturahim tersebut menyebutkan KPU Riau saat ini telah mengaktifasi badan adhoc PPK dan telah melantik Anggota PPS se-Provinsi Riau pada Senin, 15 Juni 2020. "Saat ini di Provinsi Riau, KPU telah memiliki 580 anggota PPK, dan 3870 PPS yang tersebar di 116 Kecamatan dan 1290 desa/keluarahan di 9 daerah yang akan pilkada," sebutnya. 
 
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menyambut baik kunjungan dan penjelasan dari KPU Riau terkait perkembangan terkini penyelenggaraan pemilihan serentak lanjutan 2020. Polda Riau menyatakan siap mendukung dan menyukseskan pemilihan serentak lanjutan di bumi lancang kuning. "Kita bersyukur juga, Riau menjadi provinsi yang persebaran virus Covid-19 hingga zero positif. Semoga virus ini segera berakhir," sebutnya. 
 
Polda Riau juga melibatkan jajaran Polres untuk koordinasi dengan KPU di daerah-daerah yang akan melaksanakan pemilihian serentak tahun 2020. Polda RIau juga meminta kerjasama tentang perkembangan-perkembangan terbaru agar dapat diantisipasi jika ada hal-hal urgen terkait penanganan keamanan selama proses penyelenggaraan pemilihan serentak lanjutan 2020 tersebut.
 
Acara koordinasi tersebut berjalan dengan lancar. Tampak protocol kesehatan diterapkan dalam pertemuan itu. Anggota KPU Riau mamasuki kantor Polda Riau dengan mengenakas Masker tanpa kecuali. Begitupun Kapolda dan tim Polda Riau yang menyambut kedatangan Anggota KPU Riau. Polda Riau menyiapkan hand sanitizer sebelum memasuki aula rapat.

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker