OJK Dorong Pergerakan Perekonomian Sektor Riil

Restrukturisasi Kredit di Riau di Masa Covid-19 Capai Rp 9.31 Triliun


Dibaca: 1309 kali 
Jumat, 26 Juni 2020 - 20:55:37 WIB
Restrukturisasi Kredit di Riau di Masa Covid-19 Capai Rp 9.31 Triliun Otoritas Jasa Keuangan
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong mulai bergeraknya kembali sektor riil dalam era adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid 19. Hal ini ditunjang stabilitas sektor jasa keuangan yang terjaga dengan kinerja intermediasi yang positif dan profil risiko tetap terkendali. OJK juga mendukung langkah Pemerintah yang menempatkan uang negara kepada bank umum dalam rangka percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.
 
Kepala OJK Riau, Yusri, mengatakan bahwa sejalan dengan stimulus restrukturisasi kredit dan pembiayaan di perbankan dan perusahaan pembiayaan, sampai dengan 8 Juni 2020, restrukturisasi kredit perbankan di Provinsi Riau telah mencapai Rp 9,31 triliun dari 92.319 debitur. Berdasarkan monitoring data mingguan, pertumbuhan nilai dan jumlah debitur cenderung melambat.
 
Untuk perusahaan pembiayaan, per 19 Juni 2020, OJK Provinsi Riau mencatat sebanyak 72 perusahaan pembiayaan sudah menjalankan restrukturisasi pinjaman. Realisasinya, dari 104.060 jumlah kontrak permohonan restrukturisasi yang diterima perusahaan pembiayaan, sudah ada 90.312 yang disetujui, dengan total nilainya mencapai Rp 3,18 triliun. 
 
Posisi April 2020, pertumbuhan kredit perbankan di Provinsi Riau yaitu sebesar 4,36% yoy, sementara piutang pembiayaan perusahaan pembiayaan tumbuh sebesar 34,79% ytd. Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tumbuh sebesar 7,70% yoy. 
 
Profil risiko lembaga jasa keuangan April 2020 masih terjaga pada level yang terkendali dengan rasio NPL gross perbankan tercatat sebesar 3,15% dan rasio NPF Perusahaan Pembiayaan sebesar 4,06%
 
"OJK akan menyiapkan protokol adaptasi kebiasaan baru yang akan berlaku bagi seluruh Industri Jasa Keuangan sehingga layanan terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan tetap meminimalkan potensi penyebaran Covid 19," ujar Yusri.

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker