Pro Kontra Pengangkutan Sampah, Ini Tanggapan Dewan


Dibaca: 915 kali 
Kamis, 04 Maret 2021 - 14:42:46 WIB
Pro Kontra Pengangkutan Sampah, Ini Tanggapan Dewan Roni Pasla Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Polemik pengangkutan sampah tak kunjung usai. Mulai dari pemenang lelang pengangkutan sampah seharusnya sudah ada sejak awal Januari, tapi hingga kini tidak didapatkan. Hingga anggaran pengangkutan sampah menjadi pro dan kontra.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla menyebut, dalam satu tahun anggaran untuk pengangkutan sampah ini sebesar Rp 45 milliar hal ini tentunya sudah dibahas. Artinya dalam satu tahun selama 12 bulan itu, sebanyak Rp 45 milliar yang akan digunakan.

“Di lelang sekarang ini, kita lihat di LPSE, kemungkinan besar akan dimulai April atau dipertengahan Maret dengan nilai Rp 43 milliar,” kata Roni.

Politisi PAN ini juga mengatakan, untuk anggaran pengangkutan sampah ditahun 2020 sampah mencapai hampir Rp 60 milliar. Anggaran tersebut untuk pengerjaan dalam waktu 12 bulan dengan perhitungan perharinya itu lebih kurang Rp 157 juta. Namun Ditahun 2021 ini, pihaknya menghitung  bisa lebih hemat hingga Rp 15 milliar, maka diturunkan menjadi Rp 45 milliar.

“Tetapi karna molor ini, sekarang jadi Rp 43 milliar dalam waktu sembilan bulan. Kembali lagi pada perhitungan pertama sebesar hampir Rp 157 juta perharinya. Nah ini yang menjadi pertanyaan kita, kenapa berubah, apa ini hanya akal-akalan saja kemaren mengundur-undur  waktu lelang sehingga nanti dimulai di April untuk menyamakan dengan nilai yang sebelumnya?,” ujarnya.

Roni mengatakan, pihaknya akan melihat dasar perhitungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru dan akan disesuaikan dengan dasar perhitungan DPRD Kota Pekanbaru.

“Nanti kita lihat dan sesuaikan, tapi memang sejak awal, kita berharap Pemko dalam hal ini DLHK merubah sistem pengangkutan sampah dari swastnisasi menjadi swakelola. Kembalikan ke kecamatan, kelurahan, sampai RT RW,” tutupnya.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker