5 Tips Penting Membeli Smartphone Murah Tapi Berkualitas


Dibaca: 255 kali 
Selasa, 04 Mei 2021 - 13:44:32 WIB
5 Tips Penting Membeli Smartphone Murah Tapi Berkualitas Smartphone realme C11

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Saat ini, smartphone sudah menjadi salah satu barang penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari belajar hingga merintis usaha online semua membutuhkan smartphone dengan spek yang mumpuni.

Tidak seperti di awal kemunculannya, kini Anda bisa mendapatkan smartphone dengan range harga variatif yang bisa disesuaikan dengan budget. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda agar bisa membeli smartphone terbaik yang masih masuk dalam alokasi budget membeli smartphone baru Anda.

Karena membeli smartphone tanpa memperhatikan fungsi dan kualitasnya akan sama saja dengan membeli smartphone secara asal-asalan, maka yuk perhatikan tips penting beli smartphone murah tapi tetap berkualitas di bawah ini.

1. Perhatikan chipset yang digunakan

Mungkin banyak dari Anda yang masih belum terlalu memperhatikan chipset maupun prosesor yang digunakan sebuah smartphone.

Jika sebelumnya Anda hanya memilih smartphone hanya karena melihat iklannya dimana mana, ada baiknya Anda juga periksa spesifikasinya.
Pasalnya chipset, prosesor dan juga GPU yang digunakan sangat menentukan performa smartphone tersebut.

Jika Anda hanya menggunakan smartphone untuk aktivitas standar, seperti menelpon, sms dan browsing internet untuk hiburan, maka smartphone kelas entry-level bisa jadi pilihan yang tepat. Range harga smartphone ini berada di kisaran harga Rp1-2- juta dengan spesifikasi yang tergolong mumpuni.

Contohnya saja realme C11 harga  Rp1.499.000 yang sudah hadir dengan layar besar, baterai besar dan chipset yang cocok untuk aktivitas sehari-hari hingga gaming.

2. Lihat kapasitas RAM dan memori internal

Seringkali tidak dihiraukan namun kapasitas RAM dan memori internal juga berpengaruh pada kecepatan kinerja smartphone.

Selain itu jika Anda termasuk yang suka menggunakan banyak aplikasi atau menyimpan banyak data di smartphone, maka kapasitas memori internal penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli smartphone baru.

Saat ini smartphone Android murah kelas entry-level biasanya sudah menggunakan RAM 2GB atau 3GB dan memori internal 8GB-32GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan dengan kartu memori.

Sebagai batas jika budget Anda benar-benar terbatas, jangan pilih smartphone dengan RAM dibawah 1GB agar Anda tidak mendapatkan hp yang terkesan lemot dan lag jika digunakan.

3. Kemampuan kameranya

Berbeda dengan smartphone yang keluar sebelum tahun 2019 yang masih banyak menggunakan kamera utama beresolusi rendah, kini smartphone kelas entry-level yang paling murah pun sudah menggunakan kamera utama dengan resolusi lensa minimal 8MP.

Jika Anda termasuk yang suka mengambil foto, maka pilihlah smartphone yang menonjol dari segi spesifikasi kameranya; baik untuk kamera utama maupun kamera selfie.

Selain itu perhatikan juga fitur yang disematkan pada kamera, seperti apakah ada LED flashnya atau tidak, sudah menggunakan auto focus atau belum atau apakah sudah menggunakan teknologi AI dalam pemrosesan gambarnya.

4. Cari tahu spek multimedianya

Spek multimedia yang dimaksudkan di sini adalah koneksi internet yang tersedia pada smartphone tersebut. Meski sekarang sudah ada smartphone 5G namun Indonesia belum memiliki layanan koneksi 5G jadi terkesan tidak begitu penting untuk saat ini.

Umumnya smartphone yang dijual di Indonesia sudah mendukung jaringan minimal 3G hingga 4G LTE yang menawarkan kecepatan internet yang mumpuni. Selain itu perhatikan juga kemampuan Wi-Fi serta Bluetooth untuk berbagi data ke sesama pengguna smartphone lainnya.

5. Perhatikan versi OS Androidnya

Sistem operasi smartphone juga penting karena menyediakan banyak fitur yang membuat kinerja smartphone lebih ngebut. Mulai dari segi keamanan, bisa download dan instal berbagai aplikasi dan game hingga tampilan yang lebih rapi, OS juga perlu Anda perhatikan sebelum beli smartphone baru.

Saat ini OS Android paling baru dan update di 2021 adalah Android 11. Umumnya smartphone kelas mid range hingga flagship sudah menggunakan OS ini, namun smartphone kelas entry level pun umumnya juga sudah menggunakan OS Android yang mumpuni.

Smartphone Android murah biasanya menggunakan paling rendah OS Android 8 Oreo yang punya banyak kelebihan. Diantaranya meminimalkan aktivitas aplikasi di background, autofill password saat login, notification dots yang menandakan ada notif yang belum dibaca, instant app tanpa harus di download, Google Play Protect untuk melindungi dari aplikasi berbahaya dan masih banyak lainnya.

Selain itu bisa juga OS yang digunakan mendapat upgrade ke versi Android yang lebih tinggi sesuai dengan produsen masing-masing.
Demikianlah berbagai tips penting yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli smartphone murah tanpa harus mengorbankan kualitasnya. 

Mengikuti trend dengan membeli smartphone kekinian tentu tidak salah selama Anda punya budgetnya dan smartphone tersebut digunakan sesuai dengan fungsinya.

Namun jangan khawatir karena saat ini sudah banyak kok smartphone murah dengan spesifikasi lumayan yang bisa Anda beli. Selamat berburu smartphone impian Anda!


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker