Pendidikan Lingkungan Hidup Adalah Bentuk Merdeka Belajar


Dibaca: 1394 kali 
Rabu, 09 Juni 2021 - 14:37:52 WIB
Pendidikan Lingkungan Hidup Adalah Bentuk Merdeka Belajar Logo AKAR

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Lembaga Pendidikan Masyarakat Akademi Rakyat (AKAR) dan Jaringan Kedaulatan Rakyat (Jangkar) merespon pernyataan dari Ketua GAPKI Riau, Jatmiko K Santosa dan Ketua DPP Forum Mahasiswa Sawit Indonesia (Formasi), Amir Arifin Harahap tentang materi soal ujian sekolah dasar yang diduga membuat kampanye negatif tentang sawit. 

“Mereka harusnya sadar bahwa tidak ada yang salah dari soal ujian tersebut, karena industri sawit selain membawa dampak positif tentunya banyak juga dampak negatif yang ditimbulkan, jangan menjual peningkatan kesejahteraan dan ekonomi saja, masih ada masyarakat yang tanahnya dirampas sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup dari hasil alam,” kata Hadi Tambusai, Kordinator Umum Jangkar. 

Selian itu, sekolah harus merdeka dalam memberikan pembelajaran kepada siswa terutama Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), diperkuat dengan kesepakatan Menteri Pendidikan dengan Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan pada 3 Juni tahun 2005 serta konsep mereka belajar. Bahwa guru berperan dalam pengembangan pola pikir siswa, mereka memiliki fokus pada kemampuan kognitif siswa. 

“Artinya, dalam konsep merdeka belajar, siswa akan ditantang untuk mampu berpikir kritis dengan analisis yang baik,” ujar Ahlul Fadli, staf kajian pengembangan, Akademi Rakyat. 

Pendidikan lingkungan hidup harus sampai hingga tingkat masyarakat, agar mereka juga dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Menurut Ahlul Fadli isu lingkungan di Provinsi Riau khususnya Kabupeten Kampar sudah menjadi konsumsi publik, mulai dari kebakaran hutan, pembalakan kayu, penjualan satwa, alih fungsi lahan dan korupsi sektor kehutanan. 

“Harusnya mahasiswa melakukan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat dengan melakukan Pendidikan lingkungan."

Hadi mengatakan, demoralisasi terjadi karena proses pembelajaran cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas teks dan kurang mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kontradiktif, Pendidikan lah yang sesungguhnya paling besar memberikan kontribusi terhadap situasi ini.

“Sangat penting peningkatkan wawasan dan kesadaran generasi muda dan melibatkan mereka secara aktif dalam isu-isu lingkungan hidup,” tutup Hadi Tambusai, Kordinator Umum Jangkar.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker