Gelar Baksos, TLCI Chapter #2 Riau Berhasil Terobos Daerah Terisolir


Dibaca: 751 kali 
Selasa, 06 Juli 2021 - 19:57:39 WIB
Gelar Baksos, TLCI Chapter #2 Riau Berhasil Terobos Daerah Terisolir

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kegiatan Bakti Sosial seperti sunat massal, Bantuan sembako, Bantuan rumah ibadah, perbaikan jembatan di daerah terisolir menjadi program yang hingga saat ini konsisten dijalankan oleh TLCI Chapter #2 Riau yang saat ini dikomandoi HM Marwan sebagai Ketua Umum.

Dan kegiatan yang digelar Sabtu hingga Minggu (3/7/2021) menjadi sejarah tersendiri bagi TLCI#2 Riau, dimana Club ini berhasil menaklukkan beratnya medan yang merupakan salah satu daerah yang belum pernah mampu di jamah kendaraan roda empat. 

Tim survey mendapatkan informasi adanya rumah ibadah yang terletak di Dusun Deras Godang Desa Dua Sepakat Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Riau sangat membutuhkan material untuk penyelesaian bangunan masjid, sehingga harapannya masyarakat dapat beribadah dengan nyaman. Pengurus masjid dan masyarakat membutuhkan bantuan langsung berupa material.

Hal ini bisa dipahami mengingat kesulitan warga masyarakat disana jika harus belanja material ke Lupat Kain, yang jaraknya cukup jauh dengan kondisi medan yang sangat berat karena daerah perbukitan terjal dan curam. Jelas ini menjadi kesulitan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

TLCI Chapter #2 Riau memberikan solusi dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan dan mengantarkan langsung. Ketua Umum TLCI Chapter #2 Riau HM Marwan memimpin langsung kegiatan dengan menerjunkan 19 unit kendaraan tim, berangkat dengan membawa material menjadi tantangan tersendiri. Dengan melintas jalan perkebunan, menerobos hutan, menyeberangi sungai yang lebar dengan ke dalamam 1 meter,  hingga harus membuka jalan untuk bisa mencapai desa tersebut.

Setelah mendapatkan breafing dan doa bersama, rombongan tim memulai perjalanan dari Purna MTQ Pekanbaru Sabtu pagi (3/7/2021) bergerak melalui Lipat Kain. Butuh waktu tempuh hampir 20 jam untuk sampai di desa sasaran dengan suguhan kondisi alam yang berbukit bukit (masuk rangkaian kawasan bukit barisan yang membentang membelah pulau Sumatera), tebing yang terjal, turunan dan tikungan jalan yang membutuhkan konsentrasi dan kemahiran khusus untuk bisa mengendalikan kendaraan kotak  berkapasitas 4230 CC. 

Tak hanya itu, rombongan harus menyeberangi dan menaklukkan derasnya arus sungai Batang Bio Ludai di kegelapan malam can guyuran hujan lebat. Satu persatu unit tim mampu menaklukkan sungai Batang Bio Ludai dengan penuh perhitungan yang matang.

Usai menyeberangi sungai Batang Bio rombongan masih disuguhkan pada trek yang lebih menantang dan membutuhkan perjuangan kerja keras tim sepanjang malam. Trek pendek yang butuh waktu melewatinya hingga sepanjang malam. Disini ketangguhan unit dan kekuatan winch yang tersedia di masing masing unit diuji.

Sulitnya medan ditambah hujan lebat malam itu menjadi tantangan tersendiri bagi tim TLCI Chapter#2.

Perjuangan dan kerjasama tim berhasil sampai di desa tujuan pada Minggu pagi (4/7/2021) dan langsung menyerahkan bantuan berupa 30 keping triplek, 5 pel cat tembok, 5 kg cat minyak, kuas roll, 10 gulung karpet sholat, 20 set lampu, 5 buah kipas angin serta bantuan uang Rp 5 juta yang diterima pengurus Mesjid Al Mukminin dan Kepala Desa Dua Sepakat.

Setelah proses penyerahan bantuan, rombongan bersilaturrahmi dengan warga masyarakat setempat. Terlihat begitu antusias menyambut kedatangan tim TLCI Chapter #2 Riau. Wajah wajah bahagia dan kekaguman adanya rombongan mobil masuk sampai ke kampung. Hal memberikan tontonan tersendiri ketika konvoi kendaraan tim menerobos medan berat berlumpur dan mengarungi sungai Batang Bio.

Ardi, salah satu warga menyebutkan bahwa belum pernah ada kendaraan roda empat yang mampu masuk ke desanya.

“Ini pertama kalinya mobil bisa masuk ke desa kami, biasanya hanya sepeda motor atau menggunakan perahu saja,”ujarnya campur keheranan.

Kepala desa mengatakan pihaknya dan seluruh masyarakat mengucapkan syukurnya atas bantuan yang mereka terima.

“Saya dan semua masyarakat disini berterimakasih kepada rombongan TLCI Chapter #2 Riau, bantuan yang sangat kami nanti nantikan akhirnya tiba dan kami pergunakan sesuai amanah,”ujar Kades.

Ketua Umum HM Marwan yang didampingi Ketua Harian Roby, beberapa pembina dan pengurus mengatakan kegiatan yang digelar merupakan bentuk nyata kepedulian TLCI Chapter #2 Riau.

“Ini sebagai langkah konkrit TLCI Chapter #2 Riau peduli masyarakat terisolir dan terpencil seperti ini, kita harus peduli dan harus berbuat untuk saudara saudara kita ini. Terimakasih kepada masyarakat disini sudah memberikan kesempatan untuk sedikit berbagi, semoga bisa meringankan beban masyarakat ditengah pandemi, ini luar biasa,”ujar Marwan.

Sekitar pukul 11 Minggu siang, rombongan meninggalkan Dusun Deras Gondang, kembali ke Pekanbaru dengan menempuh rute yang sama dan akhirnya pada pukul 03.00 dinihari tiba di Pekanbaru dengan selamat.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker