Mahasiswa KUKERTA UNRI Wujudkan Kemandirian Pangan di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur


Dibaca: 1324 kali 
Sabtu, 07 Agustus 2021 - 19:51:45 WIB
Mahasiswa KUKERTA UNRI Wujudkan Kemandirian Pangan di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur Foto saat mahasiswa Kukerta mendistribusikan 440 bibit sayuran di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Balik Kampung dari Universitas Riau (UNRI) distribusikan 440 bibit tanaman ke rumah warga di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur, Kabupaten Pelalawan khususnya di wilayah RT 02 RW 03, Senin (2/8/2021).

Ketua pelaksana, Muchtar Imam Syaputra menuturkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata dari program Rumah Pangan Lestari (RPL). Konsep RPL yang dihadirkan yaitu kemandirian pangan dengan teknik urban farming dengan memanfaatkan pekarangan rumah. 

"440 polybag ini kami isi dengan tanah selama satu minggu bersama 10 anggota KKN dan ibu-ibu kader posyandu yang sukarela membantu," terangnya.

Selain itu, kata Muchtar, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa “Urban Farming”, bahwa tidak harus membutuhkan lahan luas untuk melakukan penanaman.

“Harapannya dengan terlaksananya kegiatan  RPL ini, berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga agar menuju keluarga dan masyarakat yang sejahtera” Ujar Imam, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2019.

Ada berbagai jenis bibit tanaman yang dibagikan, yakni bibit bayam, terong, cabai, jeruk nipis dan jagung. Selain tanah dan bibit, mahasiswa KKN juga ikut membagikan pupuk NPK untuk menunjang pertumbuhan tanaman. 

"Ada 22 Rumah Tangga yang mendapatkan bibit tanaman ini, dan 1 rumah tangga mendapat 20 Bibit tanaman," sebutnya.

Kegiatan RPL ini mendapat respon positif dari Ketua RT 02 RW 03. “Urban farming merupakan suatu konsep berkebun dengan memanfaatkan ruang yang ada di rumah atau pemukiman.  Diharapkan Masyarakat dapat mengisi waktu luang selama di rumah dengan tetap produktif.” Ujar Ketua RT 02 RW 03.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker