Kabar Gembira, Digital Rupiah Segera Diluncurkan, Aset Kripto Bakal Dapat Manfaat dari Ekosistem Digital


Dibaca: 987 kali 
Jumat, 29 Juli 2022 - 10:49:59 WIB
Kabar Gembira, Digital Rupiah Segera Diluncurkan, Aset Kripto Bakal Dapat Manfaat dari Ekosistem Digital Ilustrasi Bitcoin, (Foto internet)

JAKARTA – Kabar gembira bagi pelaku industri aset kripto di tanah air, Indodax menyambut baik kabar mengenai digital rupiah yang akan segera diluncurkan. 

Kabar baiknya, Bank Indonesia mengumumkan akan segera meluncurkan Rupiah digital tersebut. Konsep mata uang digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC) ini memang pernah mencuat pada tahun 2021 dan kembali digaungkan beberapa hari yang lalu. 

CEO Indodax, Oscar Dermawan menilai bahwa dengan adanya pembentukan rupiah digital ini, akan mengokohkan ekosistem ekonomi digital Indonesia. 

Baik stakeholder seperti pemerintah dan pengusaha, memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan literasi keuangan digital dan juga meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan bangsa. 

Oscar menegaskan bahwa kripto di Indonesia seperti Bitcoin, Ethereum dan kripto lain bukanlah alat pembayaran, melainkan sebuah komoditas atau aset yang dimanfaatkan untuk investasi. Kedua objek ini tentunya sangat berbeda. 

Menurutnya, kedepannya rupiah digital maupun aset kripto, bukan hal yang mengganggu satu sama lain karena fungsinya yang berbeda, bahkan justru digital rupiah akan memudahkan akses ke perdagangan aset kripto di Indonesia karena sama-sama berbentuk digital. 

Indodax sebagai salah satu crypto exchange terbesar dan terpercaya asli Indonesia meyakini, kehadiran digital rupiah ini merupakan langkah baik untuk literasi keuangan digital Indonesia. Terlebih lagi, saat ini dunia yang serba digital sudah memiliki peran sangat baik bagi masyarakat Indonesia. 
Digital Rupiah Aset Kripto – Pembentukan Ekosistem Digital

Mengenai digital rupiah dan aset kripto, keduanya hampir sama. Hanya saja rupiah digital merupakan alat pembayaran, sementara aset kripto adalah instrumen investasi. 

Hal ini juga didukung penuh oleh pelaku industri kripto, Indodax, berikut ulasannya:

1. Sinyal Baik Untuk Ekosistem Ekonomi Digital

Oscar Darmawan, CEO dari Indodax platform perdagangan kripto terpopuler di Indonesia mengatakan bahwa langkah penggunaan Rupiah digital merupakan sinyal baik untuk dapat meningkatkan ekosistem ekonomi digital, sehingga Indonesia tidak ketinggalan dari negara lain. 

“Terlebih, fokus pembahasan pada G20 yaitu pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung keterlaksanaan ekonomi digital seperti Pembangunan infrastruktur, penentuan road map dan pemberian stimulus digitalisasi. Digitalisasi dalam sistem ekonomi tentu ada dengan harapan agar bisa memecahkan problematika yang selama ini terjadi. Terlebih juga mengurangi risiko dari penggunaan uang kertas,” kata Oscar Darmawan. 

2. Teknologi Blockchain Bisa Jadi Pendukung 

Oscar Darmawan memberi masukan, akan lebih baik apabila pembuatan Rupiah digital tersebut memanfaatkan teknologi distributed ledger teknologi yang memiliki banyak kelebihan. Terutama bahwa teknologi ini memiliki sifat yang lebih aman dan transparan. 

“Teknologi blockchain sangat mengedepankan sifat transparansi dan efisiensi. Konsepnya pun sama dengan konsep Web 3.0 yang sama sama mengedepankan prinsip tersebut. Sehingga akan fungsinya sebagai pembayaran atau alat tukar bisa jauh lebih efisien, transparan, dan aman,” jelas Oscar.

3. Rupiah Digital dan Aset Kripto Berbeda

Oscar pun menegaskan bahwa kripto di Indonesia seperti Bitcoin dan kripto lain bukanlah alat pembayaran, melainkan sebuah komoditas atau aset yang dimanfaatkan untuk investasi. 

Kedepannya rupiah digital maupun aset kripto, bukan hal yang mengganggu satu sama lain karena fungsinya yang berbeda, bahkan justru digital rupiah akan memudahkan akses ke perdagangan aset kripto di Indonesia karena sama-sama berbentuk digital. 

“Regulasi mengenai kripto berada di bawah Bappebti dalam naungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Hal hal yang diatur oleh Bappebti merupakan komoditas. Berdasarkan peraturan pemerintah saat ini, kripto adalah suatu komoditas digital yang telah teregulasi dan hanya bisa dimiliki oleh para investor sebagai suatu aset bukan sebagai alat pembayaran. Jadi ini merupakan hal yang berbeda dan tidak akan mengganggu,” tambah Oscar.

4. Diyakini Dapat Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Bangsa
Dengan adanya pembentukan rupiah digital ini, Oscar Darmawan justru menganggap bahwa langkah ini akan mengokohkan ekosistem ekonomi digital Indonesia. 

Baik stakeholder seperti pemerintah dan pengusaha, memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan literasi keuangan digital dan juga meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan bangsa. 

“Fungsi antara aset kripto dan Rupiah digital itu berbeda. Tetapi, baik pelaku usaha seperti kami dan pemerintah memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan literasi keuangan digital. Indodax selaku penyedia platform investasi kripto juga memiliki tujuan serupa. Mari kita bersama-sama meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bangsa. Saya percaya blockchain maupun kripto dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sebagaimana sekarang sudah jutaan orang menggantungkan hidupnya di Indonesia melalui transaksi jual beli kripto di Indodax” tuturnya. 

Sebagai tambahan informasi, Indodax memiliki counter offline yang bisa dipakai oleh para member untuk berkonsultasi yang berada di pusat bisnis Sudirman, DKI Jakarta dan Sunset Road di Bali. Di Indodax, Bitcoin dan aset kripto lainnya bisa dimiliki oleh siapa saja dengan mudah dan aman dengan mulai dari harga Rp 10 ribu saja.

Kemudian, perusahaan crypto exchange terbesar dan terpercaya asli Indonesia ini telah mengantongi izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Juga melayani 5,4 juta member terverifikasi dan menyediakan perdagangan Bitcoin, Ethereum, Ripple serta sebanyak lebih dari 200 aset kripto dari seluruh dunia dengan pergerakan harga selama 24 jam.

Demikianlah informasi mengenai digital rupiah aset kripto di Indonesia. Semoga kabar baik ini membawa manfaat bagi Anda.

Tentang INDODAX

INDODAX adalah startup teknologi finansial di dalam bidang aset kripto dan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple  atau sebanyak lebih dari 200 aset kripto dari seluruh dunia dengan pergerakan harga selama 24 jam. 

Indodax sudah berdiri selama delapan tahun lamanya dan sudah melayani lebih dari 5,4 juta member di Indonesia. INDODAX juga telah mendapatkan perizinan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). 

INDODAX menjadi perusahaan marketplace aset kripto pertama di Indonesia yang mendapatkan dua sertifikasi internasional sekaligus pada 2019, yaitu 9001: 2015, 27001:2013.

Kemudian pada Juli 2021 Indodax kembali mendapatkan satu sertifikat ISO yaitu ISO 27017:2015. Kini, Indodax memiliki 3 sertifikat ISO.

Dengan pengakuan pemerintah Indonesia dan standarisasi internasional yang mereka dapatkan, menandakan bahwa INDODAX merupakan perusahaan platform investasi aset kripto terpercaya.

Sekalipun harga aset kripto seperti Bitcoin dapat bernilai ratusan juta rupiah per coin nya tapi transaksi di INDODAX memungkinkan dilakukan mulai dari 10 ribu rupiah membuat banyak masyarakat Indonesia tertarik dengan perdagangan ini dan menjadi mata pencaharian kerja secara full time. 
INDODAX mendedikasi kepada member dan calon member untuk bertransaksi aset kripto menggunakan Rupiah dengan sistem terbaik, tercepat, termudah dan paling aman.

Temukan Kami di Media Sosial
 Facebook                           : https://www.facebook.com/indodax /  
Instagram                           : https://www.instagram.com/indodax /  
Twitter                                : https://twitter.com/Indodax   
Youtube                             : https://www.youtube.com/c/indodax    
Indodax Academy              : https://indodax.academy


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker