Cegah Diare, Mahasiswa Kukerta UNRI Turun ke MIN 1 Kuok Kampar


Dibaca: 290 kali 
Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:17:02 WIB
Cegah Diare, Mahasiswa Kukerta UNRI Turun ke MIN 1 Kuok Kampar Mahasiswa Kukerta UNRI foto bersama siswa-siswi MIN 1 Kuok Kampar usai menggelar sosialisasi pencegahan penyakit deare.

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Tidak dapat dipungkiri, anak-anak sangat rentan terkena diare. Penyebabnya pun beragam bisa karena makanan yang tidak higienis, atau bahkan karena kuman yang ada di tangan mereka sendiri. 

Selain itu anak-anak mudah terserang diare karena tubuh mereka belum memiliki cukup kekebalan untuk melawan virus. Selain itu sistem pencernaan mereka pun masih sensitive.

Untuk mencegah terjadinya diare yang kerap terjadi pada anak-anak, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UNRI) memberikan edukasi melalui sosialisasi mencuci tangan yang baik dan benar di MIN 1 Desa Lereng, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

“Kami membantu pihak sekolah dalam memberikan edukasi kepada anak-anak dengan memperkenalkan bagaimana cara hidup sehat melalui kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar,” kata Ketua Kukerta, Jefrizal, Sabtu (23/7)

Tambah Jefrizal, sebagaimana kita tahu salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS), dimana CTPS ini merupakan perilaku hidup sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare dan juga mencegah virus yang masuk pada tubuh. CTPS ini juga merupakan langkah untuk pencegahan pertama dalam pemutusan rantai penularan COVID-19 dan penyakit infeksi lain. 

“Kami sangat mendukung mahasiswa untuk berani terjun ke sekolah sebagai bentuk pengabdiannya yang nantinya menjadi pengalaman bagi mereka mengasah diri tampil dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat”, Ujar Adianto selaku Dosen Pembimbing Lapangan. 

“Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan antusias yang baik dari pihak sekolah dan anak-anak. Sembari memberikan pemaparan materi tentang langkah-langkah yang tepat dalam mencuci tangan, kami juga mengajak anak-anak tersebut untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun.” Diterangkan Jefrizal.

Adapun Gerakan cuci tangan pakai sabun dengan benar yaitu pertama, ratakan sabun dengan menggosokkan kedua telapak tangan. Kedua, Gosok punggung tangan dan sela-sela jari. Ketiga, Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari. Keempat, gosok punggung jari tangan dengan posisi tangan saling mengunci dan sebaliknya. Kelima, gosok ibu jari kiri dengan cara diputar ke dalam dengan genggam tangan kanan dan sebaliknya. Keenam, gosokkan ujung kuku memutar di telapak tangan sebelahnya. 

“Setelah kegiatan sosialisasi selesai, kami menyerahkan sabun cuci tangan kepada pihak sekolah untuk memberikan fasilitas sabun untuk anak-anak di sekolah.”Ujar Jefrizal. 

Untuk diketahui, Mahasiwa Kukerta Balek Kampung Desa Lereng beranggota sepuluh orang yaitu Jefrizal, Anggraini Nadiarta, Aulia Aprilia, Bella Indah Simarmata, Muhammad Anugerah Lutfi, Najla Rizqa, Rafly Erwansyah,  Santi Mauli Pardede, Saskia Ramadhini, dan Sevina Rabiah.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker