Kesehatan

Di Bengkalis 606 Kasus DBD, 6 Anak Meninggal Medio Januari-Juni

Pada bulan Maret jumlah kasus mengalami penurunan kembali dan ditemukan hanya 84 kasus dengan 1 kasus meninggal dunia, kemudian diikuti pada bulan April sebanyak 40 kasus DBD dan 1 kasus meninggal dunia. Sementara pada bulan Mei terjadi penurunan kasus DBD yang signifikan hanya 29 kasus. Namun pada bulan Juni terjadi peningkatan kembali mencapai 51 kasus.

Melihat trend atau siklus turun naiknya frekwensi kasus DBD yang terjadi setiap tahun, peningkatan curah hujan menjadi faktor meningkatnya kasus. Di Bengkalis diprediksi peningkatan curah hujan akan terjadi pada bulan Agustus-Desember mendatang. Karenanya juga, pencegahan DBD mesti dilakukan secara baik dan tepat.

Guna memutus mata rantai dan menekan terjadinya kasus DBD yang puncaknya terjadi pada bulan Novembee hingga Desember (curah hujan tinggi), Dinas Kesehatan Bengkalis segera melakukan penyebaran sebanyak 125 ribu Kartu Rumah bagi memantau jentik-jentik. Diperkirakan pada Agustus-September nanti akan disebarkan obat Abate bagi membunuh jentik-jentik di setiap rumah tangga, terutama pemukiman masyarakat yang rentan terserang DBD.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar