Riau

Membumikan Tekhnologi di Riau Melalui 'Go IT'

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan melalui logo "Go IT" yang digagas pemerintah setempat membumikan penerapan teknologi di provinsi yang berjuluk "Bumi Lancang Kuning" itu.
      
"Penerapan teknologi tidak terlepas dari semua aspek kehidupan. Kita ingin membumikan IT di Provinsi Riau ini karena tidak bisa dipungkiri jika ingin melakukan pembangunan di segala sektor, peranan teknologi sangat penting di dalamnya, " kata Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Senin.
       
Dikatakan pria yang akrab dengan sapaan Andi Rachman ini, Pemerintah Provinsi Riau mengusung logo "Go IT"  dengan mengedepankan peningkatan kinerja pemerintahan daerah terhadap pelayanan publik melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis teknologi.
      
Disampaikannya bahwa penerapan Riau Go IT merupakan hasil evaluasi terhadap kinerja pemerintahan. Saat ini, kata dia, Riau perlu mengejar penerapan teknologi infirmasi karena dirasa terlambat dalam mengembangkan.
      
"Dalam peningkatan pelayanan publik di pemerintahan, penerapan teknologi berkontribusi untuk mempermudah akses masyarakat. Baik dalam bentuk akses informasi mengenai tugas pokok dan fungsi ataupun program kerja dinas atau badan di lingkup pemprov Riau, terkait pengurusan, perizinan, pelayanan dan lainnya," kata Andi pula.


      
Secara rinci dijelaskannya, aplikasi di seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terintegrasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Riau sebagai pusat penyebaran informasi di internal Pemerintah Daerah (pemda) maupun kepada masyarakat.
       
Disamping itu, ia memaparkan sebelumnya prinsip "e-government" telah diterapkan oleh beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di wilayah setempat melalui e-Office yang telah dimiliki Pemprov Riau memuat e-Budgeting, e-Asset, e-Planning, e-Absen, Monev, dan SIMPEG.
     
"Jadi bagi SKPD yang belum menerapkan. Kita pacu dan siap memaksimalkan sistem pelayanan publik dan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi," kata dia pula.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar