Airmen Tour 2019:

Dispen AU Bawa Awak Media ke Lanud Terbesar di Sumatera

Peserta Airmen Tour 2019 berfoto bersama di Lanud RSN, Sabtu lalu.

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispen AU) mengajak sejumlah awak media berkunjung ke Pangkalan Undara (Lanud) terbesar di Sumatera, yakni Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Sabtu (27/4/2019).


Kunjungan ini merupakan bagian kegiatan Airmen Tour 2019, yang pesertanya tak lain merupakan follower Medsos TNI AU dan wartawan.


Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, pihaknya merasa senang dikunjungi oleh peserta Airmen Tour 2019 Dispen AU.


Dijelaskannya, Lanud RSN merupakan satu-satunya Pangkalan Induk TNI AU yang berada di Pulau Sumatera.


Dalam pelaksanaan tugasnya Lanud RSN membawahi beberapa satuan  yaitu Wing 6  (Simulator, ACMI dan Denma Siabu, Skadud 12, Skadud 16 yang mengawaki alutsista pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dan F-16), Skatek 045 sebagai pemeliharaan pesawat, Satpomau, Rumkit dr.Sukirman dan satuan samping Yonko 462 Paskhas sebagai pasukan pertahanan pangkalan baik secara vertikal maupun horizontal serta Pazam.


"Keberadaan Lanud Roesmin Nurjadin sebagai pangkalan induk tentunya sangat bernilai strategis, mengingat letak geografis Provinsi Riau berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga," ucapnya.


Kondisi ini, imbuh Danlanud, tentunya sangat rawan terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran kedaulatan negara khusunya wilayah udara Indonesia. Hal inilah salah satu yang melatarbelakangi dijadikan Lanud RSN sebagai pangkalan Induk sekaligus operasi di wilayah barat Indonesia.

 
Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Moningka menambahkan , semoga dengan kunjungan ini akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan  dan dapat melihat secara langsung tentang kekuatan Lanud RSN secara lebih dekat lagi.


Sesdispenau Kolonel Adm Bejo Suprapto, ST  dalam sambutannya menerangkan, kunjungan ini dalam rangka kegiatan Airmen tour 2019 hal ini memberikan penghargaan kepada awak media sebagai pasukan setia terhadap Airmen TNI Angkatan Udara dan merekalah para awak media pasukan garis terdepan TNI Angkatan Udara.


"Hal ini sengaja  sengaja memilih  Lanud RSN sebagai destinasinya, Karena Lanud Roesmin Nurjadin merupakan Pangkalan Udara TNI AU terbesar setelah Lanud Iswahyudi, yang menjadi pangkalan utama militer di wilayah barat NKRI,'' ucapnya.


Sesdis mengatakan, semoga dengan kunjungan ini akan dapat memotivasi para awak media dalam memberitakan dan membela  TNI Angkatan Udara.


Selanjutnya para Airmen Tour mengunjungi satuan-satuan seperti Skadud 12, Skadud 16, Yongko 462 Paskhas, Simulator serta meninjau Monumen pesawat F-16 yang berada di depan Kantor Malanud Roesmin Nurjadin.


Dalam kunjungan tersebut betapa antusiasnya perhatian para Airmen Tour 2019 karena bisa melihat kekuatan TNI Angkatan udara lebih dekat lagi.


Pelaksanaan kegiatan Airmen Tour 2019 berjalan dengan aman dan lancar dan pada pukul 16.00 WIB kembali  menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU A-7308.*  (rilis)


Editor : Deden Yamara.
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar