Parlemen

Pandangan Komisi IV DPRD Pekanbaru Terkait Rencana Pemko Pekanbaru Bangun Tugu Roda 

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Mulyadi

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Mulyadi menegaskan Pemerintah Kota Pekanbaru agar segera membatalkan proyek rencana pembangunan tugu roda terbang yang akan dibangun di kawasan Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

"Saya minta proyek tugu roda terbang itu dibatalkan. Alihkan saja ke pembangunan drainase dan jalan berlubang. Sekarang Pekanbaru ini darurat sampah dan darurat banjir. Hujan sebentar saja, sudah banjir," kata Mulyadi, Rabu (10/2/2021).

Mulyadi mengatakan bahwa saat ini Pemko Pekanbaru sudah banyak menghamburkan uang masyarakat untuk membuat bangunan yang tak langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Seharusnya Dinas PUPR fokus terhadap penyelesaian banjir dengan pengerjaan drainase dan juga perbaikan jalanan yang sudah banyak rusak.

Menurut Mulyadi, Pemko Pekanbaru seharusnya lebih baik mendahulukan kepentingan masyarakat di tengah wabah covid-19 yang terjadi sampai sekarang, ketimbang membangun tugu yang tak ada manfaatnya bagi masyarakat.

"Ya lebih baik program yang menyentuh ke masyarakat lah yang harus mereka buat, jangan proyek tak ada guna kaya begini dibuat," tegasnya.

Politisi PKS ini juga menyindir Pemko Pekanbaru dengan berkata lebih baik tugu sampah dan tugu banjir yang dibangun oleh Dinas PUPR Kota Pekanbaru.

"Mestinya yang dibangun itu tugu sampah atau banjir agar masyarakat ingat bahwa sampah dan banjir saat ini tidak pernah terselesaikan," pungkasnya menyindir. 

Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan 

Sementara itu anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan juga mengaku heran dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru yang berencana membangun tugu roda terbang di kawasan komplek perkantoran Tenayan Raya.

"Tugu roda terbang? Sekarang bukan tugu itu yang perlu, tak layaklah untuk dikerjakan di masa sulit sekarang ini. Lebih baik anggarannya dialihkan ke proyek lain yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat," kata Ruslan Tarigan, Selasa (9/2/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini meminta Pemko Pekanbaru untuk mengurungkan niatnya membangun tugu roda terbang tersebut. Pasalnya, di masa sulit pandemi covid-19 masyarakat membutuhkan perhatian dan uluran bantuan dari pemerintah. Bukannya memerlukan tugu roda terbang.

"Janganlah dulu proyek yang. Utamakan dulu skala prioritas. Banjir sekarang ini masih banyak belum terurai, jalan-jalan rusak juga banyak dijumpai kan. Jadi janganlah bangun tugu itu dulu sekarang, hanya aksesoris saja itu, tak ada manfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi mengatakan bahwa proyek pembangunan Tugu Roda Terbang itu masih perencanaan dan masih dalam tahapan desain modelnya. "Memang kita sedang menyiapkan desainnya karena mau bangun tugu itukan masih rencana ya," ujarnya.

Indra Pomi menyebut Tugu Roda Terbang tersebut melambangkan bahwa Pemko Pekanbaru telah melakukan pembangunan yang cepat dan dimanis.

Pomi juga mengklaim bahwa proyek Tugu Roda Terbang tersebut tidak akan menggangu program-program penting lainnya.

"Sebenarnya program ini berbeda, Covid-19 tetap, perbaikan jalan berlubang tetap, banjir juga tetap. Artinya, kita bangun tugu ini tidak mengurangi anggaran untuk perbaikan yang lain," pungkasnya. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar