Bupati Inhil Minta Murid tak Dibebani Biaya, Try Out Akbar

Senin, 24 Februari 2014 - 02:09:03 wib | Dibaca: 2098 kali 

Gagasanriau.com.Tembilahan-Bupati Inhil, HM Wardan mengharapkan biaya penyelenggaran try out tidak lagi dibebankan kepada siswa, tapi sudah dianggarkan oleh Pemkab Inhil melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Inhil.

"Kalau sudah dianggarkan (Disdik Inhil), maka tidak perlu lagi para siswa dipungut biaya dalam pelaksanaannya," ungkap Bupati Inhil, HM Wardan.

Penegasan ini disampaikan mantan Kepala Dinas Pendidikan Inhil ini saat membuka secara resmi Try Out Akbar yang diikuti sekitar 2000 pelajar SLTA sederajat yang berasal dari beberapa kecamatan di Inhil yang digelar di Venue Futsal komplek Indragiri Sport Center Jl Lingkar II Tembilahan, kegiatan ini kerjasama Dinas Pendidikan Inhil dengan koran harian lokal di Inhil.

"Try out ini penting dilaksanakan agar para siswa memiliki kesiapan dalam menghadapi Ujian Nasional mendatang," sebutnya.

Ditambahkan, kalau pelaksanaan try out semacam inI sudah dianggarkan Dinas Pendidikan, maka diharapkan tahun berikutnya pelaksanaannya dapat lebih baik lagi.

"Diharapkan agar dalam pelaksanaan try out ini juga di buat perencanaan yang baik, dalam upaya mempersiapkan anak-anak didik dalam menghadapi Ujian Nasional. Disarankan, soal-soal try out ini sudah disusun dan di akumulasikan dengan soal-soal ujian pada tahun yang sebelumnya, sehingga dapat memberikan gambaran yang hampir sama dengan soal Ujian Nasional sebenarnya," saran mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini.

Beliau mengatakan, kegiatan ini sangay bermanfaat bagi siswa, karena pernah ditanyakan kepada siswa yang sering mengikuti try out, apakah ada kesulitan dalam menghadapi ujian? Siswa tersebut menjawab, tidak! karena soalnya mudah, malahan lebih susah soal yang di berikan saat try out.

"Ini menandakan bahwa anak didik memang sudah siap dalam menghadapi ujian baik secara mental maupun secara materi. Persiapan itu salah satunya dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan ini," imbuhnya.

Tidak dapat di pungkiri pelaksanaan try out akan memberikan manfaat kepada para siswa untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Diharapkan Bupati pula sebagaimana yang diketahui standar kelulusan semakin tinggi tiap tahunnya, maka persiapan perlu di lakukan oleh semua pihak-pihak yang terlibat, terutama majelis guru.

Findriani/advertorial/humas


Loading...
BERITA LAINNYA