Ternyata Thoyib Karyawan PT. RAPP Adalah Dalang Pembunuhan Operator

Kamis, 20 Maret 2014 - 02:10:55 wib | Dibaca: 2196 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Berdasarkan pembelaan Muhammad Ridwan, aktifis petani asal Pulau Padang Kabupaten Kepulauan Meranti yang dituduhkan sebagai pelaku pembunuhan terhadap operator alat berat PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT.RAPP), terungkap bahwa saksi Toyib telah melakukan kebohongan dan justru saksilah sebagai pelaku utama aksi kekerasan tersebut.

Pernyataan tersebut terungkap dalam sidang lanjutan dugaan pembunuhan terhadap Chodirin (30), operator alat berat dilahan masyarakat Pulau Padang yang berkonflik dengan PT. RAPP Juli 2011 silam dan menuduh Ketua Serikat Tani Riau (STR) M. Ridwan (29).

Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Sarah Louis Simanjuntak dan dua Hakim Anggota Jonson Parancis, Bagus Trenggono Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis dengan agenda pembacaan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penyidik.

Namun saksi Toyib untuk kesekian kalinya tidak bisa hadir dengan alasan tidak jelas, oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) hanya memperoleh Surat Keterangan resmi dari Kepala Desa Mengkirau tentang tidak diketahuinya saksi Toyib.

Dalam kesaksian Toyib melalui surat tersebut, ia menuduh M. Ridwan sebagai pelakunya, namun mendengar keterangan saksi Thoyib yang dibacakan JPU, M.ridwan merasa keberatan. Ia menegaskan tidak terlibat dalam rencana untuk membunuh pekerja tersebut. Di hadapan Majelis Hakim, M. Ridwan mengatakan, bahwa yang merencanakan keseluruhan adalah saksi M. Toyib.

"Saya keberatan apa yang disampaikan dalam BAP itu. Saya diundang oleh salah seorang warga untuk rapat. Aksi yang menantang dan aksi ekstrim itu adalah ide saksi Thoyib," katanya.

Toyib sendiri, seperti yang pernah dirilis oleh Gagasanriau.com adalah bagian dari puluhan ribu masyarakat Pulau Padang yang menolak operasional PT. RAPP, di pulau gambut tersebut.

Namun ditengah perjalanan perjuangan masyarakat itu, Toyib berkhianat dan kini sudah menjadi karyawan perusahaan yang dulu ditentangnya yakni PT. RAPP.

Sugianto


Loading...
BERITA LAINNYA