Datangi KPU Riau, Annas Janjikan Bangun Gedung Baru Buat Komisi Pemilu Itu

Kamis, 17 April 2014 - 13:07:23 wib | Dibaca: 1883 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, mendadak kedatangan orang nomor satu di Provinsi Riau dan juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar (DPD-Golkar) Annas Maamun beserta Wakilnya Arsyadjuliandi Rachman yang juga kader partai berlambang pohon Beringin tersebut.

Alasan yang disampaikan oleh Gubernur Riau ini untuk mengetahui perkembangan perhitungan suara Pemilu legislatif yang baru digelar.

"Saya meninjau KPU, hendak melihat perkembangan Pemilu di Riau. Setelah dilihat, alhamdulillah Pemilu aman, lancar, dan tertib," katanya usai mendengarkan laporan dari komisioner KPU Riau selama satu jam di Pekanbaru, Kamis (17/4/2014).

Kedatangan mereka hanya disambut dua orang komisioner KPU Riau yakni Syafril Abdullah dan Abdul Hamid sekitar pada pukul 11.30 WIB.

Dalam pernyataannya, Annas Maamun memiliki rencana untuk melakukan pembangunan gedung khusus untuk KPU Riau yang berlokasi di sebelah Jembatan Siak IV atau di ujung Jalan Jenderal Sudirman dan jembatan itu sendiri masih dalam proses pembangunan.

Dan gedung penyelenggara pemilu tersebut, akan bergabung dalam satu kompleks perkantoran yang di dalamnya terdapat asrama haji, dinas pariwisata provinsi, Rumah Sakit Tentara dan Sekolah Tinggi Ilmu Guru.

"Bentuk bangunannya akan sama semua, pakai kubah semua,"katanya diiringi gelak tawa wartawan dan para penjabat baik Pemprov Riau maupun KPU Riau.

Pada tahun 2015, lanjutnya, pihaknya merencanakan sudah ada gedung kompleks perkantoran yang dibangun setinggi tiga lantai tersebut. Pembangunan itu menurutnya akan masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau perubahan 2014.

"Jumlah anggaran saya perkirakan menghabiskan sekitar Rp12 miliar atau hanya dengan satu tahun anggaran. Tidak perlu adanya anggaran tahun jamak. Anggaran ini masuk dalam kategori hibah kepada KPU Riau," ucapnya.

Ketika ditanyakan apakah nanti tidak akan mengintervensi KPU Riau dengan pemberian gedung tersebut, Annas berjanji tidak akan melakukannya. "Saat saya menjadi bupati Rokan Hilir, saya mengaku tak pernah mengintervensi KPU," tegasnya.

Ketua KPU Riau Nurhamin membenarkan kedatangan gubernur Riau tidak pernah diberitahukan sebelumnya. Pihaknya mengaku sedang tidak berada ditempat dan mendapat pesan singkat komisioner KPU Riau

"Saya tidak tahu gubernur datang. Saya sedang jadi pembicara di Radio Republik Indonesia (RRI) dan kunjungan beliau dinilai bagus karena dapat memperkuat KPU dengan dukungannya. Respon saya positif," katanya.(Ant)

Arif Wahyudi

 


Loading...
BERITA LAINNYA