Annas Maamun Gubernur Riau, Kata BNPB Tak Fokus Persiapkan Rencana Penanggulangan Kebakaran Lahan

Selasa, 29 April 2014 - 13:32:51 wib | Dibaca: 1915 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Pernyataan Gubernur Riau Annas Maamun yang akan serius menangangi masalah kebakaran lahan dianggap omong kosong dan tidak serius karena sampai saat ini semua yang pernah disampaikannya satupun tak tertata dengan rapi.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menambahkan pemerintah daerah di Riau seharusnya bisa lebih proaktif dengan mengeluarkan peraturan maupun kebijakan untuk mencegah potensi kebakaran lahan dan Riau terjadi lagi karena masalah tersebut dipastikan muncul karena ulah manusia yang melakukan pembakaran.

Namun, ia mengatakan Gubernur Riau dan pemerintah daerah di 12 kabupaten/kota di Riau belum membuat rencana aksi yang lebih detail dalam upaya preventif.

"Deklarasi Gubernur Riau untuk menempatkan lima orang di desa tiga orang di kecamatan tenaga pemadam kebakaran, ternyata di kabupaten/kota belum ada disusun. Berapa personel yang diperlukan untuk TNI, Polri, Satuan Kerja Perangkat Daerah, berapa peralatan yang ada, bagaimana perusahaan yang ada dan sarananya yang ada, nampaknya belum dipersiapkan dengan baik," katanya.

Menurut dia, "Seminar Solusi Tuntas Bebas Asap" memang diharapkan bisa memberi masukan untuk pembentukan Instruksi Presiden terkait pencegahan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Namun, kondisi saat ini seharusnya pemerintah daerah lebih proaktif karena dalam kondisi berpacu dengan waktu mengingat musim kemarau ekstrem akan segera tiba.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA