Pacu Jalur Rayon III Kuantan Hilir, Lima Kecamatan Wakilkan Sembilan Jalur Melaju Ke Babak Final

Sabtu, 09 Agustus 2014 - 09:47:21 wib | Dibaca: 2246 kali 

Gagasanriau.com Baserah - Sembilan jalur berhasil melaju masuk ke hari final, mereka akan bertempur habis-habisan untuk demi memperoleh mahkota sang jawara Even Pacu Jalur tingkat rayon III Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, yang dilangsungkan di Tepian Lubuok Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Sabtu (9/8/2014) siang hingga sore ini.

Sembilan jalur mampu melaju ke babak terakhir tersebut setelah berhasil mengandaskan perlawanan dari lawan-lawannya pada hari kedua, yang berlangsung dua putaran, Jumat (8/8/2014) kemarin, di Tepian Lubuok Sobae Baserah. Dari 11 Kecamatan yang sebelumnya mengutus jalur, pada babak final tersisa utusan hanya 5 Kecamatan.

Dari 9 Jalur, Kecamatan Gunung Toar hanya mampu bertahan 1 Jalur, Kecamatan Pangean berhasil mewakilkan 3 jalur, Kecamatan Kuantan Hilir selaku tuan rumah juga mantap dengan menyisakan sebanyak 3 Jalur dan Kecamatan Kuantan Hilir Seberang menyisakan sebanyak 1 Jalur, sedangkan 1 Jalur lagi berasal dari Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.

Sebanyak 34 jalur yang berpacu pada hari kedua. Dimana, kemarin berpacu sebanyak dua putaran. Putaran pertama diikuti sebanyak 34 Jalur, kemudian tersisih sebanyak 17 Jalur, dan 17 Jalur yang berhasil menang melaju pada putaran pertama kembali berpacu pada putaran ke 2. Dari hasil Pacu Jalur Tradisional putaran kedua, sebanyak 9 jalur mampu menembus ke babak final, Sabtu (9/8/2014).

Jalur pertama yang memastikan diri lolos ke babak final adalah sang mantan jawara pada tahun 70_an lalu dan pemegang peringkat 6 di tingkat rayon I Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu beberapa waktu lalu, yakni jalur Rajo Laut dari Desa Sungai Sorik Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, setelah pada putaran kedua hari kedua jalur ini berhasil menang atas lawannya Duri Bingkuang Rawang Panjang dari Desa Pulau Kadunduong Kecamatan Kuantan Tengah.

Selain jalur Rajo Laut, jalur lainnya yang juga berhasil menembus ke babak final adalah jalur Lintah Jalang dari Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar, Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Kecamatan Pangean, Upae Saghok Ghimbo Dusun dari Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, Linggar Jati dari Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean, satu lagi dari Kabupaten tetangga, Purnama Indah Rantau Sialang dari Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.

Selanjutnya, diikuti jalur Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir, Siposan Rimbo dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean dan Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Desa Pulau Madinah Kecamatan Kuantan Hilir.

Sejumlah jalur unggulan gagal melaju ke hari final, antara lain jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar yang ditundukkan jalur Siposan Rimbo. Lalu, sang runner up Pacu Jalur di tingkat rayon I Kabupaten Indragiri Hulu di Kecamatan Peranap, yakni jalur Kuntum Putri Cempaka dari Desa Kampung Medan Kecamatan Kuantan Hilir yang juga ditaklukkan oleh jalur pemegang piala bergilir tingkat rayon III Kabupaten Kuantan Singingi, Siposan Rimbo.

Selanjutnya, jalur unggulan lain yang tumbang pada hari kedua adalah jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang dari Desa Pulau Kedundung Kecamatan Kuantan Tengah yang dihempaskan jalur Raja Laut dari Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Satu lagi jalur unggulan, jalur peringkat 7 Even Nasional tahun 2013 lalu yang tumbang adalah jalur Limo Piako Tuah Nagori dari Kecamatan Logas Tanah Darat. Jalur ini terpaksa harus tunduk di haluan jalur Linggar Jati J-A RAPP dari Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean.

Usai dihelatnya Even Pacu Jalur hari kedua (kemarin), Camat Kuantan Hilir, Yonsiswandri ,S.IP mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan perhelatan Pacu Jalur tingkat rayon III di Kecamatan Kuantan Hilir di Tepian Lubuok Sobae Baserah. Diharapkan, Even Pacu Jalur ini sukses hingga tuntas dihelat. "Terima kasih kami ucapkan kepada panitia, pengurus jalur, dan atlet jalur serta semua masyarakat yang telah mendukung dan membantu suksesnya acara Pacu Jalur ini. Mari kita sukseskan hingga selesai," ajak Yonsis.

Hendra Riko Purnomo


Loading...
BERITA LAINNYA