Agar Kinerja Lebih Maksimal Pemkab Inhu Berikan Seratus Unit Sepeda Motor Kepada Kades

Jumat, 15 Agustus 2014 - 04:26:08 wib | Dibaca: 1759 kali 

Gagasanriau.com Rengat-Untuk membantu peningkatan kinerja dan memaksimalkan pelayanan publik kepada warga di pedesaan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu akan menyerahkan 100 unit sepeda motor kepada sejumlah kepala desa sebagai kendaraan.

Hal ini disampaikan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu yang dikutip dari antara, bahwa anggaran dalam di dalam APBD-P sudah dimasukan dengan nilai Rp. 2.230.000.000.

"Komisi A DPRD Kabupaten Indragiri Hulu sudah menyetujui pengajuan pembelian 100 unit sepeda motor tersebut pada APBD Perubahan 2014 senilai Rp2.230.000.000," kata anggota Komisi A DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Hafison Ramadhan di Rengat, Jumat (15/8/2014.

Ia mengatakan, kendaraan operasional sangat penting bagi kepala desa dalam menjalankan tugasnya, karena sejumlah desa letaknya sangat jauh dari pusat pemerintahan kecamatan dipandang perlu didukung oleh transportasi berupa sepeda motor agar kinerja lebih maksimal.

Jumlah yang akan di serahkan masih berkisar 45 persen dari jumlah kepala desa yang mencapai dua ratusan lebih, hanya saja beberapa kepala desa sudah memiliki kendaraan operasional yang diberikan sebelumnya, sehingga yang akan menerima tentu yang telah mengajukan permohonan sebagai mana anggarannya telah di setujui tersebut.

"Kendaraan itu diharapkan dapat menunjang kegiatan operasional desa dalam upaya pelaksanaan otonomi desa sebagaimana amanat UU No 6 tahun 20014," sebutnya.

Menurutnya, pengadaan 100 unit sepeda motor dinas aparatur desa itu disampaikan melalui kepada desa kepada Bupati Inhu dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemaspemdes). Usulan tersebut kemudian disampaikan kepada DPRD Inhu untuk dapat dianggarkan melalui APBD Perubahan 2014.

"Kami berharap semua kepala desa yang bakal menerima bisa menggunakan sebaik- baiknya kendaraan tersebut," ucapnya.

Dijelaskannya, pada APBD Murni 2014 lalu, DPRD Inhu juga telah mengesahkan pembelian pengadaan 50 Unit sepeda motor dengan anggaran senilai Rp1.139.900.000. Kemudian pada APBD Perubahan 2013 lalu juga telah mengesahkan pembelian sepada motor bagi kades dengan alokasi dana senilai Rp217 Juta.

Selain sepeda motor Kades, pada APBD Murni 2013 lalu, DPRD Inhu juga mengesahkan pembelian 50 Unit sepeda motor untuk sekretaris desa dengan nilai Rp775 Juta, kedepan diharapkan dengan sudah tersedianya kendaraan dinas baik bagi kades, sekdes dan aparatur desa lainnya, pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal.

Diaz Bagus Amandha


Loading...
BERITA LAINNYA