Pengamat Sosial: Minimal 3 Mobil Damkar di Bagan Sinembah

Sabtu, 17 Januari 2015 - 06:49:10 wib | Dibaca: 1709 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah - Pengamat sosial menyatakan, bahwa Kecamatan Bagan Sinembah sebagai Kecamatan terbesar dan menjadi barometernya Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), membutuhkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) idealnya 3 unit. Hal tersebut disampaikan pengamat sosial Rohil, Sufarmin, kepada Gagasanriau.com, Sabtu (17/1/2015) di Bagan Sinembah.

"keterbatasan unit mobil damkar sangat riskan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Dan idealnya, Bagan Sinembah harus memiliki damkar itu minimal 3 unit, dan setiap kecamatan lainnya minimal ada satu unit di Kantor Camat, guna mengoptimalkan pelayanan," kata pria yang akrab disapa Su.

Kecamatan Bagan Sinembah tidak terlepas dari berbagai masalah kebakaran, sudah selayaknya kecamatan tersebut memiliki mobil pemadam kebakaran lebih dari dua unit. Pasalnya, kebakaran yang sering terjadi belum lama ini, sering dipadamkan dengan cara manual.

"Mobil damkar di kota sawit itu memang harus ditambah. Sebab, kebanyakan rumah warga di kecamatan yang baru dipecahkan menjadi tiga itu, terbuat dari kayu dengan model rumah susun yang saling berdempetan,sehigga rawan terjadinya kebakaran," kata Sufarmin.

Disamping itu, mobil damkar yang ada saat sekarang ini, hanya satu dan itupun tidak bisa memadamkan kobaran api tanpa bantuan mobil pengangkut air bersih dan bantuan dari masyarakat setempat menggunakan mesin robin.

Selain itu, satu unit damkar itu meliputi  wilayah yang mencakup tiga kecamatan dengan jarak tempuh antar kecamatan relatif jauh.

Reporter Herman Syach


Loading...
BERITA LAINNYA