Pemkab Rohil Diminta Evaluasi Guru Sertifikasi

Senin, 02 Februari 2015 - 15:16:45 wib | Dibaca: 1868 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah - Tenaga pendidik yang mengantongi sertifikasi di Rokan Hilir (rohil) perlu dievaluasi. Sebab, banyak guru yang sudah memiliki sertifikasi, tapi masih diragukan kemampuan dan kompetensinya dalam memberikan metode pembelajaran disekolah.

"Pemerintah belum melakukan evaluasi terhadap kompetensi guru sertifikasi. Padahal hal ini penting dilakukan agar mutu pendidikan lebih meningkat," kata Yatiman salah satu pemerhati pendidikan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), kepada Gagasanriau.com, Senin (2/2/2015) di Bagan Sinembah.

Menurutnya, pola pembelajaran yang diterapkan sebagian tenaga pendidik sebelum dan sesudah diberlaklukannya sertifikasi, sepertinya tidak ada perubahan, baik itu di tingkat SD, SMP maupun tingkat SMA.

"Ukuran kompetensi jalan atau tidak harus dibuat standard evaluasi yang terukur," ucapnya.

Menurutnya, besarnya biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk sertifikasi guru, harus diimbangi dengan peningkatan mutu pendidikan dibuktikan dengan peningkatan sumber daya manusia, terutama kalangan tenaga pengajar.

"Jangan hanya siswa yang digenjot untuk disiplin, sementara guru belum tentu seperti itu," sebut mantan Anggota DPRD Rohil itu.

Lebih jauh Yatiman menjelaskan, seharusnya, laris manisnya bimbingan belajar jelang Ujian Nasional (UN) di luar sekolah harus menjadi cambuk bagi tenaga pendidik.

"Ini merupakan bukti bahwa siswa dan orang tua lebih yakin anaknya lulus dengan baik jika mengikuti bimbingan dilaur sekolah," terangnya.

Reporter Herman Syach


Loading...
BERITA LAINNYA