Pejabat Pemprov Riau Akui Tak Ada kesulitan Ikuti Assesment

Rabu, 18 Maret 2015 - 14:20:06 wib | Dibaca: 1782 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru- Sebanyak 218 pejabat Pemerintah Provinsi Riau mengikuti assesment di gedung Pustaka Soeman HS, Rabu (18/3). Seperti tes pada umumnya, selama tes berlangsung seluruh pejabat yang mengikuti terlihat santai tanpa tekanan. Beberapa pejabat yang mengikuti tes tersebut mengaku biasa-biasa saja.

“Banyak pertanyaan yang menjebak, namun ya seputar pekerjaan saja lah. Kalau kita aserius bekerja selama ini pasti gampang,” kata Plt Kepala Dinas Cipta Karya Riau Muhammad, Rabu (18/3).

Plt Kepala Biro Humas Setdaprov Riau Yoserizan Zen mengatakan semua tes yang dilakukan berhubungan dengan kepribadian peserta. “Gampang, tak ada yang susah. Kalau semua dari Tuhan itu pasti dipermudah. Jadi berserah saja kepada Tuhan,”ungkapnya sambil tertawa.

Yose mengatakan, meskipun peserta diberikan kesempatan memilih tiga dari 62 jabatan yang dilelang, ia mengaku hanya memilih satu saja, yaitu tetap di posisinya saat ini.

“Tetaplah, dihumas saja. Satu saja lah dipilih, kenapa banyak-banyak,” katanya. Tak hanya pejabat yang tinggal di Riau saja yang mengikuti asesmen tersebut, Plt Kepala Badan Penghubung Burhanuddin pun mengikkuti tes tersebut.

Menurutnya soal yang diberikan berhubungan dengan ketajaman analisa seseorang dalam memecahkan masalah atau problem solving.

“Asessor dari SDM Polda Riau memberikan empat pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta dalam waktu 90 menit. Pertanyannya, terkait ruang lingkup kerja,” ungkapnya. Dari beberapa pejabat yang ditanya mengenai waktu test yang berlangsung megaku bisa melaksanakan tes tersebut hanya dalam waktu satu jam.

“Meski 90 menit waktu yang disediakan, alhamdulillah, kami dapat menuntaskan dalam waktu 60 menit saja,"kata Plt Karo Umum Setdaprov Ria Doni Aprialdi.

Plt Sekretaris Korpri Taufik menyebutkan, dalam tes LGD yang baru dilalui, justru lebih menarik. Menurutnya, peserta harus menyampaikan permasalahan yang dialami dalam tugas pemerintahan.

"Kita disuruh mendiskusikannya secara bersama-sama. Nanti, Tim Assesor yang akan menilai kita dalam memaparkan atau memecahkan persoalan tersebut,"ulasnya.

Plt Asisten I Setdaprov Riau H Kasiarudin, mengaku sangat senang dengan adanya assestment ini. Menurutnya, tes ini sebagai ajang bersilaturahmi. "Kami ini kan jarang berkumpul. Dengan adanya tes ini, kami bisa berkumpul. Asyik juga kita kumpul-kumpul begini, sambil membahas soal tes,"sebutnya.

Tes ini akan berlangsung hingga hari Jumat (20/3). Ratusan pejabat yang mengikuti asesmen tersebut dengan sabar menunggu jadwal ujian selanjutnya. Mereka menjalani empat jenis tes. Diantaranya, tes wawancara, tes intray, tes Local Group Discussion (LGD) dan tes psikometri. Penilaian dilakukan, melalui metode Tools.

Masing-masing pejabat sudah mencari lokasi tes yakni, di Hall A, Hall B dan Hall C. Para p?jabat menjalani tes secara serentak.

Selama proses tes berlangsung Kepala Tim Asessor yang menjabat Kepala Bagian Psikologi Polda Riau Kompol Novian mengatakan antusiasme pejabat yang mengikuti tes tersebut sangat tinggi.

“Apalagi pas dibuka tadi pagi oleh Pak Plt Gubri mereka sangat antusias hingga ujian berlangsung,”katanya. Kompol Novian mengatakan tak ada pejabat yang terlambat di hari pertama ujian tersebut.

“Tak ada yang terlambat semua tepat waktu. Jikapun mereka terlambat maka akan tetap diberikan mengikuti tes, namun itu akan menjadi catatan khusus tim asesor,” terangnya.

Ia mengatakan, Empat tahapan tersebut dibagi dalam 13 kompetensi yang diberikan yaitu integritas, perencanaan analisis koseptual, pengorganisasian, peraturan ketaatan, kepemimpinan, membimbing, komunikasi lisan dan tulis, mencari informasi.

Reporter Dian


Loading...
BERITA LAINNYA