Peringatan HUT ke-70 TNI di Bengkalis Berlangsung Hikmad

Senin, 05 Oktober 2015 - 11:56:00 wib | Dibaca: 1793 kali 

GagasanRiau.com Bengkalis – Meski cuaca diselimuti kabut asap tepat, namun peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di jajaran Kodim Wirabima 0303 Bengkalis, Senin (5/10/2015) tetap berlangsung lancar dan hikmat.

Bertempat di halaman markas Kodim Wirabima 0303 Bengkalis, dihadiri oleh Komandan Kodim WB 0303 Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Ariyanto, Pj Bupati Kepulauan Meranti Edi Kusdarwanto, Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, Kapolres Bengkalis AKBP A Supriyadi, Kapolres Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad, Sekda Bengkalis Burhanudin dan perwakilan dari Pemkab Siak dan Rohil serta Forkopinda dari empat kabupaten. Selain itu dihadiri oleh pengurus veteran, warakuri dan sejumlah tokoh masyarakat.

Pasukan peserta apel peringatan HUT ke-70 TNI, tidak hanya dari kalangan Kodim Wirabima 0303 Bengkalis, namun berasal dari Satgas Marinir Sei Pakning yang bertugas sebagai pemadam kebakaran lahan dan hutan, kemudian dari Polres Bengkalis, Satpol PP, Dishub, Damkar, Menwa, FKKPPI/PPM da Pramuka.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pj Bupati Meranti Edi Kusdarwanto, sedangkan selaku prwira upacara Kapten Inf Sumarno (Danramel Bengkalis) dan Komandan Upacara Kapten Inf Sagino (Danramel Sei Apit). Pj Bupati Meranti dalam sambutannya membacakan pidato Presiden RI Joko Widodo, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada anggota TNI yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, perbatasan, terpencil, di pulau-pulau terdepan, di luar negeri sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian, serta yang saat ini bahu membahu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan.

Menapaki usia yang ke-70 tahun, TNI bisa menggunakan momentum ini untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Untuk itu, saya mengapresiasi tema HUT TNI ke 70, yaitu "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian".

Usai upacara peringatan HUT ke-70 TNI, ditampilkan beberapa pertunjukan, diantara tarian poco-poco dari ibu-ibu Persatuan Isteri Tentera (Persit), kemudian drama kolosal perjuangan TNI bersama rakyat yang dipimpin Jenderal Besar Sudirman saat bergeriliya melawan penjajahan Belanda. Penampilan apik yang disuguhkan oleh anak-anak muda dari Sanggar Bathin Sembilan Bengkalis.

Pertunjukan yang disajikan oleh anak-anak muda yang menggambarkan perjuangan tentara bersama rakyat di masa lampau, membuat peserta apel terpena, seakan terbawa pada suasana pada 70 tahun silam.

Reporter Mirzal Apriliando


Loading...
BERITA LAINNYA