Kabupaten Inhil Juara B2SA, Harumkan Nama Riau di Tingkat Nasional

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 11:32:17 wib | Dibaca: 1886 kali 

GagasanRiau.com Tembilahan - Patut diapresiasi keberhasilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) karena menjadi juara pada memasak Bergizi Berimbang Sehat & Aman (B2SA) pada Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-XXXV Tahun 2015, Sabtu 17 -20 Oktober 2015 Dipusatkan di Jakabaring Sport City, Palembang Sumatera Selatan dan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI. Tropi Penghargaan diserahkan oleh Hari Priono Sekjen Kementerian Pertanian RI.

"Alhamdulillah berkat Do'a kita semua Kabupaten Inhil berhasil membawa harum nama Riau di tingkat Nasional, Juara Satu Nasional Lomba masak B2SA Dalam Rangka Hari pangan Sedunia Ke 35 Tahun 2015 di Palembangā€¯ungkap Ketua TP PKK Inhil Hajjah Zulaikha Wardan yang juga istri Bupati HM Wardan.

"Rasa haru sekaligus bangga, dan pertama bersyukur kepada Allah SWT, atas izinya juga kita bisa sukses meraih juara 1 nasional, terimakasih kepada semua pihak terkait atas kerja sama dan kesungguhan sehingga sukses kita raih, terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak bupati yang telah nemberikan perhatian penuh dengan mengarahkan dan mengalokasikan dana sehingga kegiatan ini sukses meraih juara. "Harapan ke depan kita bisa pertahankan juara ini, tingkatkn koordinasi dan kerja sama semua yang terkait, termotivasi sehingga lomba-lomba yang lainnya bisa sukses kembali sehingga kita bisa wujudkan Inhil yang maju bermarwah dan Bermartabat"tukas Zulaikha.

Dalam kegiatan bertema "Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan " kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional.

Selain dihadiri oleh Ketua TP PKK Inhil Hajjah Zulaikha Wardan, juga dihadiri seluruh anggota penggerak lainnya diantaranya istri dari Camat Kecamatan Pelangiran Tini Sutarno, dan lain-lainnya.

Diungkapkan Zulaikha lagi, menu yang berhasil meraih juara pada lomba masak B2SA adalah menu makanan pagi, siang dan malam untuk keluarga yang terdiri dari bapak, ibu, 1 anak remaja dan 1 anak balita. Adapun ragam menunya yaitu makan pagi terdiri dari nasi goreng ubi variasi, acar timun nenas, sate udang kuah cicah, susu kedelai, buah naga dan sawo, makan siang nasi jagung bola, pepes ikan tengiri, bayam serabut tempe, ayam bakar berbalut daun pandan, oseng-oseng daun pepaya, minuman jeruk kasturi, buah pepaya jambu biji, mkn mlm roti jaka labu kuning, kuah kari ikan senangin, mutiara tahu cantik, tumis kacang kristal, sambal terong asam, air kelapa gula merah, susu untuk balita.

"Ini semua adalah bahan lokal yang artinya ada didaerah kita, dan sering disebut kearifan lokal. Harapan ke depan, menu yang sudah menang ini bisa dimasyarakatkan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari terutama bagi daerah yang ada bahan baku ini, karena menu ini bergizi, berimbang sehat dan aman, terjangkau oleh masyarakat, menu ini harus dibukukan dan disebarluaskan di Inhil dan Riau"tukas Zulaikha.

Humas/Daud.M.Nur


Loading...
BERITA LAINNYA