Bupati Rohil Laporkan Karhutla dalam Safari Ramadhan Plt Gubri

Kamis, 02 Juli 2015 - 07:28:28 wib | Dibaca: 1734 kali 

GagasanRiau.Com BaganSiapiapi - Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno melaporkan langsung terkait kebakaran lahan dan hutan dan usaha penanganan yang sudah dilakukan kepada Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat melaksanakan safari ramadhan di Masjid Ar-Ridha, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir Kamis (2/7/15) siang, bersama Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han).

Bupati Suyatno menyebutkan, memang sudah terjadi karhutla diberbagai wilayah Rohil, dan telah diupayakan pemadaman menggunakan water bombing bantuan Pemerintah Provinsi Riau serta berbagai pihak, sehingga saat ini sudah mulai berkurang.

Terkait laporan itu, Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman malah saat menyampaikan pengarahan, mendapat telpon dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, terkait adanya pemberitaan media nasional yang menyebut telah terjadi delay jadwal penerbangan.

Ternyata, Presiden Jokowi memberikan perhatian serius terkait karhutla yang ada di Provinsi Riau dan memerintahkan Menteri LH dan Kehutanan untuk mengatasinya.

Dan disebutkan Plt Gubri, negara tetangga Singapure saat ini sudah memiliki undang-undang yang memperbolehkan mereka untuk menuntut Indonesia, jika mereka terkena asap, termasuk masyarakat serta perusahaan yang ada di Indonesia.

Hal senada dikatakan Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han), asap memang sudah mulai menganggung, sehingga Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman saja memang sempat delay, tak bisa mendarat dibandara karena tebalnya kabut asap.

Dia meminta masyarakat untuk tidak membakar lahan, karena efeknya sangat luas, bahkan bisa sampai 10 hingga 15 tahun mendatang.

Reporter Herman


Loading...
BERITA LAINNYA