Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 04.02.15 Tembilahan Hulu Gelar Seleksi Calon Peserta Jamnas 2016

Sabtu, 19 Maret 2016 - 09:56:34 wib | Dibaca: 4080 kali 
Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 04.02.15 Tembilahan Hulu Gelar Seleksi Calon Peserta Jamnas 2016
Seleksi calon peserta Jambore Nasional X (Jamnas) 2016 Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 04.02.15 Tembilahan Hulu

GagasanRiau.com Tembilahan - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 04.02.15 Tembilahan Hulu adakan penyeleksian calon peserta Jambore Nasional X (Jamnas) 2016, yang akan diberangkatkan ke Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 14 Agustus 2016 mendatang.

Adapun yang mengikuti penyeleksian ada 7 Gugus Depan Penggalang se-Kecamatan Tembilahan Hulu yang akan dipilih 3 putra 3 putri.

"Penyeleksian calon pesera Jamnas ini merupakan kegiatan paling awal dilaksanakan dari seluruh kecamatan yang ada di Indragiri Hilir,"ungkap Hidayat Hamid selaku Ketua Kwarting Ranting 04.02.15 Gerakan Pramuka Tembilahan Hulu, Sabtu (19/3/2016).

Hidayat Hamid juga menuturkan dalam pelaksanaan seleksi ini adalah merupakan wujud transparansi terhadap potensi, dan beliau berharap agar Kwaran lain dapat melaksanakan hal yang sama.

"Kami laksanakan tahap seleksi ini merupakan wujud kemajuan dalam menggali potensi peserta, penyeleksiannya secara transparan dan keterbukaan. Kami juga berharap kepada Kwaran lain juga dapat melaksanakan tahap seleksi yang sistematis serta taransparan seperti ini," Ungkapnya.

Seleksi tersebut ada 3 tes, yang pertama tes Administrasi, Tes tehnik Pengetahuan Kepramukaan, Tes Fisik. Adapun ketentuan mengikuti penyeleksian diantaranya.

1. Pramuka yang aktif di Gugusdepan dengan membawa surat keterangan aktif dari pembina Gugusdepan.

2. Setiap Gugusdepan mengirimkan 5 Pramuka Penggalang putra dan 5 pramuka penggalang putri, dengan membawa surat mandat dari Gugusdepan.

3. Calon peserta minimal telah mencapai tanda kecakapan umum pramuka penggalang rakit, dan dibuktikan dengan surat tanda pelantikan serta diwajibkan membawa SKU.

4. Memiliki minimal lima buah TKK wajib dan lima TKK pilihan, dan dengan surat tanda pelantikan/pengukuhan, TKK pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK), TKK pengatur rumah, TKK juru masak, TKK Berkemah, TKK penabung, TKK penjahit, TKK juru kebun, TKK pengaman kampung, TKK pengamab kampung, TKK pengamat, TKK bidang olahraga, seperti: gerakan jalan, betenang dll.

4. Berusia 11 s.d 15.
5. Sehat jasmani dan rohani

Reporter Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA