Gempa Sumbar Dirasakan Warga Bengkalis

Kamis, 02 Juni 2016 - 12:24:05 wib | Dibaca: 2586 kali 
Gempa Sumbar Dirasakan Warga Bengkalis
Ilustrasi

Gagasanriau.com, BENGKALIS - Gempa yang perpusat di Pesisir Selatan  berkekuatan 6.5 SR,jam 5:55.56:01 WIB, Kamis (2/6/2016)  ternyata terasa hingga pulau Bengkalis. Goncangan disadari masyarakat setelah melihat kondisi air di bak mandi bergoncang.

“Tadinya kami awalnya tidak menyadari adannya gempa. Tapi setelah melihat air bak mandi dan lampu rumah bergoyang baru kami sadari,” ungkap Bibit, karyawan PDAM Bengkalis, Kamis (2/6).

Dikatakan Bibit, gempa yang dirasakannya tidak begitu kuat dan terjadi beberapa saat. “Awalnya kami mengira gempa terjadi di Riau. Ternyata setelah melihat berita gempa berpusat di Sumatera barat,” terangnya.

Gempa juga dirasakan warga Kota Pekanbaru, Riau. Seorang warga Jl. Kemuning Kota Pekanbaru, Riana Tri Handayani (34), mengatakan merasakan gempa itu saat menyusui bayinya yang baru berusia dua bulan. Ia mengaku ada sedikit goncangan hingga menciptakan riak di teko air minumnya dan tirai kamarnya bergoyang seperti terhembus angin.

"Saya baru tahu itu gempa setelah melihat berita di televisi. Awalnya saya kira itu jin atau makhluk halus yang mencoba mengganggu," kata Riana.

Seorang warga lainnya, Dadan (37), mengaku juga merasakan gempa hingga terbangun dari tidurnya. "Kasur bergoyang-goyang sampai saya terbangun dibuatnya. Ternyata itu gempa dari Sumbar," katanya.

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) melanda pesisir selatan Sumatera Barat. Gempa tersebut terjadi pada Kamis, sekira pukul 05.56 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa itu berlokasi di titik 2,29 Lintang Selatan dan 100,46 Bujur Timur. Lokasi gempa itu sekira 79 kilometer dari barat daya pesisir selatan.  Gempa itu terjadi di kedalamam sekira 72 kilometer. Namun, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. ***



Editor: Neldi Syahputra  
 


Loading...
BERITA LAINNYA