Pemkab Inhil Ikuti Senam Sehat Pencanangan Pemeriksaan IVA

Sabtu, 30 Juli 2016 - 08:25:23 wib | Dibaca: 2676 kali 
Pemkab Inhil Ikuti Senam Sehat Pencanangan Pemeriksaan IVA

GagasanRiau.com, Tembilahan - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti kegiatan senam sehat pencanangan pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) serentak, dalam rangka HUT ke 48 Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Tembilahan.

Senam sehat tersebut diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Inhil Jalan Akasi No.1 Tembilahan, yang dihadiri oleh Asisten I,II,II, serta Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Inhil.

Dalam sambutannya, Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili oleh Asisten II Setdakab Drs Rudiansyah menyampaikan, sudah 941 hari penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia sehat (JKN-KIS), karena pada tanggal 1 Januari 2014 mulai beroperasinya BPJS kesehatan yang menyelenggarakan program JKN-KIS bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, 48 tahun yang lalu, pemerintah mendirikan badan penyelenggaraan dana pemeliharaan kesehatan (BPDPK) untuk memberikan pemeliharaan kesehatan bagi pegawai dan penerima pensiun beserta keluarganya, yang saat itu sekaligus dicanangkan sebagai awal dari perjalanan panjang negeri ini untuk mewujudkan cita-cita jaminan kesehatan kesehatan bagi seluruh rakyat.

Saat ini, lanjut Bupati, program JKN-KIS telah menjadi program terbesar di dunia, dalam arti jumlah kepesertaannya hampir mencapai 167 juta dan dilaksanakan melalui pendekatan single payer institusion.

"Untuk wilayah kabupaten Indragiri Hilir sendiri, jumlah peserta yang terdaftar adalah 313.212 jiwa dari 761.068 jiwa total penduduk Indragiri Hlir atau sekitar 41,154 persen," jelasnya.

Salah satu rangkaian kegiatanya yaitu kegiatan promotif preventif berupa senam sehat. Program tersebut guna Pencanangan deteksi dini kanker leher rahim rahim melalui pemeriksaan IVA bagi peserta JKN-KIS yang dilaksanakan serentak secara nasional dan akan didaftarkan pada rekor muri (Museum Rekor Indonesia).

Sementara itu, Kepala Unit Managemen Kesehatan Primer, Adi Romadona juga menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil khususntya dengan Puskesmas Sebagaipelaksanan penyelenggara, serta bekerja sama dengan Pemda dan Korpri untuk pelaksanaan kegiatan senam sehat.

"Untuk pelaksanaan kegiatan ini sendiri untuk wilayah Inhil itu ditempatkan dibeberapa titik yaitu, di Puskesmas Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu, Gajah Mada dan Puskesmas Tempuling," kata Adi Ramona.

Selain itu juga dilaksanakan pemyuluhan dengan mengundang Dokter Spesialis Opdin, untuk Program pemriksaan deteksi dini kanker rahim.**

Reporter: Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA