Kadishubkominfo Inhil: SDM Lemah Menyebabkan Serapan APBD Rendah

Kamis, 04 Agustus 2016 - 05:37:27 wib | Dibaca: 2208 kali 
Kadishubkominfo Inhil: SDM Lemah Menyebabkan Serapan APBD Rendah

GagasanRiau.com, Tembilahan - Rendahnya serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) baru mencapai 20 persen dikarenakan lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinas tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kadishubkominfo Wiryadi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPRD Inhil yang dipimpin Ketua Komisi III Iwan Taruna dan dihadiri perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Inhil, Rabu (3/8).

Dengan rendahnya serapan APBD tersebut dinilai Wiryadi karena lemahnya sumber daya manusia (SDM) sehingga tidak maksimalnya progres fisik yang ada di Dinas tersebut.

"Serapan anggaran untuk kegiatan fisik baru berjalan 20 persen, sedangkan untuk keuangan baru 18 persen. Dari 31 paket, ada 46 titik yang sampai saat ini belum terlaksanakan," katanya.

Lanjutnya, semua perencanaan yang ada di Dishubkominfo sudah selesai pada bulan Mei 2016 mendatang, namun kegiatan yang telah direncanakan tersebut masih banyak yang belum berjalan. Sebenarnya perencanaan pada bulan Mei kita sudah fik,namun hambatan utama kita yaitu masalah Sumber Daya Manusianya," ungkapnya.

Wiryadi juga mengatakan bahwa saat ini dirinya tengah mencari solusi bagaimana bisa melaksanakan kegiatan yang ada di Dishubkominfo Indragiri Hilir.

Sementara itu, anggota Komisi III, Zulbahri juga menilai bahwa keterlambatan tersebut karena ketidak sesuaian penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dishubkominfo Kabupaten Indragiri Hilir, "Itu karena ketidak sesuaian penempatan pegawai, bongkar," ucapnya singkat.

Reporter: Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA