Siap-siap Asap, Dari 54 Titik Panas di Sumatera, 29 Ternyata Ada di Riau

Kamis, 11 Agustus 2016 - 06:54:36 wib | Dibaca: 4789 kali 
Siap-siap Asap, Dari 54 Titik Panas di Sumatera, 29 Ternyata Ada di Riau
Foto ilustrasi

GagasanRiau.Com Pekanbaru  - Dari 54 titik panas di Sumatera hasil pantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), ternyata 29 titik ada di Provinsi Riau. Kemungkinan terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di atas 70 persen. Pantauan ini sore kemarin, Rabu (10/8).

29 titik panas di Riau ini berada pada delapan kabupaten/kota seperti Pelalawan delapan titik, Bengkalis dan Dumai sama-sama menyumbang lima titik serta Kampar empat titik. Kepulauan Meranti tercatat dua titik panas, sedangkan Rokan Hulu dan Indragiri Hilir masing-masing berbagi sumbangan satu titik panas.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru, Burhanudin Gurning mengaku, kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada sejumlah daerah di Riau dalam sepekan terakhir, telah meluas hingga ke pinggiran wilayah kota tersebut.

"Kebakaran terjadi di Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki. Tim darat sudah berusaha melakukan pemadaman namun kesulitan akses dan sumber air," katanya.



Kebakaran melanda semak belukar dengan kontur tanah gambut tersebut mulai terpantau pada Selasa sore (9/8). Mendapat informasi tersebut, tim gabungan darat yang terdiri dari petugas Damkar dan Manggala Agni telah berusaha melakukan pemadaman.

Namun usaha tersebut tidak efektif, karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke lokasi. Bahkan, ucapnya, mobil hanya mampu terparkir di pinggir jalan dengan jarak sekitar 100 meter.

Selain itu, tim bergerak menggunakan mesin pemadam kebakaran portable, tetapi kesulitan dalam mendapatkan sumber air.

Informasi yang dirangkum dari petugas di lokasi, hingga kini lima hektar telah terbakar. Selain petugas Damkar, Jajaran Polresta Pekanbaru juga terlihat memasang garis polisi di lokasi kebakaran.**/Ant

Editor: Arif Wahyudi



 


Loading...
BERITA LAINNYA