Danrem Instruksikan Prajurit Tidak Meninggalkan Lokasi Karhutla Sampai Api Padam

Kamis, 18 Agustus 2016 - 07:29:07 wib | Dibaca: 2734 kali 
Danrem Instruksikan Prajurit Tidak Meninggalkan Lokasi Karhutla  Sampai Api Padam
Danrem

GagasanRiau.Com Rohil - "Orang yang membakar (lahan) memang kurang ajar, tidak punya perasaan itu. Semoga dikutuk Allah SWT. Ulahnya kita menderita karena menimbulkan asap. Apa mereka tidak tahu," hal ini dikatakan Danrem 031 Wirabima, Brigjen Nurendi, saat acara pelepasan satuan petugas dari unsur TNI - Polri di halaman kantor Dinas Kehutanan, Bagansiapiapi, Rohil, Rabu (17/8).

Karena itu Nurendi meminta kepada seluruh prajurit jangan sampai meninggalkan lokasi kebakaran lahan sampai api berhasil dipadamkan. Selain itu Danrem juga meminta petugas mengambil tindakan tegas di lapangan terhadap pelaku pembakar lahan, tetapi tetap cara dengan cara-cara elegan serta tidak menyakiti hati warga.

Menurut Danrem, lokasi kebakaran lahan tidak berada pada satu tempat sehingga hal itu sangat menyulitkan petugas untuk memadamkannya. Luas lahan yang terbakar dapat dikalkulasikan ketika jumlah asap berkurang.

Bahkan Danrem menyatakan, pelaku pembakar lahan adalah salah perusahaan perkebunan yang sedang menyiapkan lahan untuk ditanam kembali.

"Kita meminta Bupati Rohil mengambil tindakan tegas dengan cara melihat seluruh perizinannya. Begitu juga siapa yang merencanakan kebun itu membukanya dengan cara membakar," kata Danrem.

Nurendi juga mengungkapkan, kendala yang mereka dihadapi saat ini adalah untuk melakukan waterbombing mengingat asap mengganggu jalur udara pesawat Helikopter.

Begitu juga dengan jumlah petugas pemadam kebakaran, maka perlu didatangkan dari satu SSK Brimob dan TNI dari Dumai. Hal itu mengingat kondisi lahan terbakar kebetulan serentak dengan Dumai.**

Editor: Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA