Wardan Sebut Pengadaan Excavator Tuntaskan Masalah Kerusakan Perkebunan Kebun Kelapa Rakyat

Jumat, 03 Februari 2017 - 12:49:17 wib | Dibaca: 2512 kali 
Wardan Sebut Pengadaan Excavator Tuntaskan Masalah Kerusakan Perkebunan Kebun Kelapa Rakyat

GagasanRiau.Com Tembilahan - HM Wardan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menegaskan bahwa pengadaan Excavator merupakan salah satu bentuk jawaban Pemerintah dalam menuntaskan permasalahan kerusakan ratusan hektare perkebunan kelapa masyarakat di Inhil.

"Kita tentunya berharap nantinya pengelolaan bantuan Excavator dapat benar-benar dimanfaatkan, sehingga dapat menuntaskan segala permasalahan perkebunan," kata Bupati Inhil, HM Wardan.

Hal ini disampaikan Wardan saat melakukan rapat koordinasi tentang pengelolaan alat berat berupa Excavator oleh Pemerintah Kecamatan Inhil yang turut dihadiri Sekda Inhil Said Syarifuddin, Asisten ekonomi pembangunan  Rudiansyah, Kadis Perkebunan Tantawi Jauhari serta diikuti oleh seluruh camat se Inhil.

Ia juga meminta kepada seluruh camat terutama yang sudah menerima bantuan berupa Excavator untuk fokus mengoprasikan dan segera memfungsikan Excvator yg sudah diberikan oleh Pemerintah Daerah.

"Rakor ini digelar agar dapat memberikan pencerahan terutama bagaimana mengelola bantuan berupa excafator yg diberikan kepada seluruh Kecamatan sehingga realisasi dan pelaksana penggunaanya tepat sasaran," ujarnya.

Untuk diketahui, pada Tahun Anggaran 2016 Pemerintah Daerah telah mengalokasikan kegiatan penyediaan pengadaan sarana dan prasarana perkebunan berupa excavator dengan jumlah sebanyak 13 unit.

Alat berat ini diperoleh melalui bantuan keuangan Pemerintah Provinsi sebanyak 10 unit, APBD Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil sebanyak dua unit dan APBD Dinas Perkebunan Provinsi Riau sebanyak satu unit.

Selanjutnya, sejumlah alat berat ini akan didistribusikan kepada Kelompok tani di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Inhil. Adapun Kecamatan yang telah memperoleh alat ini diantaranya adalah Kelurahan Harapan Tani Kecamatan Kempas tepat pada tanggal 13 Desember 2016 lalu sebanyak satu unit yang diperoleh melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Dinas Perkebunan Provinsi Riau sebanyak satu unit.

Dari jumlah 13 unit alat berat ini, empat diantaranya merupakan tipe Longarm, tipe Standar empat unit dan tipe 8 ton dua unit yang secara keseluruhan diperoleh melalui Anggaran Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Riau. Sedangkan tiga unit lainnya adalah tipe Standar yang diperoleh melalui APBD Dinas Perkebunan Inhil sebanyak dua unit dan perolehan APBD Dinas Perkebunan Provinsi sebanyak satu unit.

Humas


Loading...
BERITA LAINNYA